4 Fakta Unik di Hari Raya Nyepi 2018

Please log in or register to like posts.
News
6 Fakta Unik di Hari Raya Nyepi

BALI, 4 Fakta Unik di Hari Raya Nyepi 2018 – Perayaan Nyepi yang bertepatan dengan hari ini sabtu, 17 Maret 2018. Hari Raya Nyepi merupakan perhitungan Tahun Baru Hindu yang berdasarkan kalender Saka, sejak tahun 78 Masehi. Khususnya sebagian masyarakat Bali yang merayakannya, selalu dimulai dengan pelaksanaan Catur Brata Penyepian hingga berlangsung dengan menyepi.

Suasana sepi, sunyi, dan syahdu merupakan cara untuk memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa / Ida Sanghyang Widhi Wasa. Untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Berikut dibawah ini 4 Fakta Unik di Hari Raya Nyepi 2018 yang akan kita hadapi di Tahun Baru umat Hindu ini.

4 Fakta Unik di Hari Raya Nyepi

1. Hari Raya Nyepi Tanpa Internet di Bali

Guna mendukung perayaan nyepi agar berjalan dengan hikmat dan tenang. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menerapkan Hari Raya Nyepi di Bali tanpa adanya layanan Internet. Bukti kuat melalui surat edaran yang telah dikirim ke semua operator telekomunikasi. Dan semua operator pun telah menghimbaukan kepada masyarakat melalui penyebaran pesan. Seperti yang terlansir dari news.liputan6.com. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza Mengatakan;

“Operator akan lakukan sosialisasi dengan kirimkan SMS blast ke masyakarat di Provinsi Bali,” Dikutip dari Tekno Liputan6.com,(16/3).

Sementara berjalan dari pihak PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang telah menetapkan tanggal penonaktifan layanan IndiHome (khusus Internet,Tv) di Bali selama 24jam. Dimulai Tadi pagi Sabtu pukul 06.00 Wita, (17/03/2018) hingga besok Minggu pagi pukul 06.00 Wita, (18/03/2018). Hingga di ikuti oleh operator lainnya seperti PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), dll.

2. Tradisi Lukat Geni; Memukul Badan dengan Api di Bali

Fakta unik nyepi di bali lainnya yang merupakan Tradisi asal Klungkung. Sangat unik dan kerap dilakukan pada malam sehari menjelang perayaan Nyepi. Pasalnya ritual yang dilakukan ini menggambarkan seorang pria di Bali saling memukuli satu sama lain dengan daun kelapa yang dibakar. Lukat (Pembersihan) dan Geni (Api) yang memaknai tradisi membersihkan diri dari segala kotoran lahir maupun batin. Tradisi ini pun tiap tahun dilakukan bersama-sama tanpa adanya dendam.

4 Fakta Unik di Hari Raya Nyepi
Ketgam: Tradisi Ritual Lukat Geni Berasal dari Klungkung | Dikutip dari Daivi Madhuryanti/kulkulbali.co

3. Pawai Ogoh – Ogoh di Bali

4 Fakta Unik di Hari Raya Nyepi
Ketgam: Boneka raksasa dalam pawai ogoh-ogoh | Dikutip dari gambar balimall.co.id

Satu ini perayaan sakral yang sering kita lihat saat sehari sebelum perayaan Tahun Baru Hindu bernama Ogoh-Ogoh (digoyang-goyangkan). Uniknya dari perayaan ini adalah menggambarkan sebuah boneka-boneka. Berwujud menakutkan, raksasa dan di gotong bersama-sama dengan iringan suara gamelan sambil digoyangkan patungnya. Pawai Ogoh-ogoh ini selain menunjukkan wujud karya seni yang sangat kental akan budaya. Namun disana juga memiliki simbolis buta kala bernama Ruk Muka dan Rukma Kala. Yang menunjukkan gambaran negatif, sifat buruk, dan kejahatan yang ada di sekeliling kehidupan manusia.

4. Tutupnya Selama 24 Jam di Pelabuhan Ketapang (Jawa) dan Gilimanuk (Bali)

Tutupnya aktifitas selama 24jam perayaan nyepi sudah tidak diherankan lagi. Hal tersebut guna menghormati para umat hindu yang sedang menjalankan ibadah dengan khusu. Dan Untuk perayaan nyepi tahun 2018 ini bukan hanya himbauan dalam hal pelayanan internet saja yang sementara dinonaktifkan. Namun juga aktifitas perjalanan ikut mengambil perhatian masyarakat. Apalagi jika anda ingin menyebrang laut di pelabuhan Ketapang (Jawa) dan Gilimanuk (Bali) sementara sudah ditutup sejak jumat malam (16/3/2018), pukul 23.30 WIB dan akan dibuka Esok, Minggu pagi (18/3/2018), pukul 04.30 WIB.

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?