4 Hal Mengatasi Telinga Tersumbat Saat di Pesawat

Please log in or register to like posts.
News
4 Hal Mengatasi Telinga Tersumbat Saat di Pesawat

Ruangmedia.com – 4 Hal Mengatasi Telinga Tersumbat Saat di Pesawat. Satu pengalaman yang paling umum dan sudah menjadi langganan saat anda berpergian menggunakan pesawat. Namun hal demikian cendrung sebagian orang mengabaikannya. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika telinga anda tersumbat di pesawat. Telinga tersumbat atau istilahnya “Barotrauma”, hal demikian akan anda rasakan saat pesawat melakukan take off. Kondisi yang dirasakan pun cukup akurat menggambarkan ketidaknyamanan, yakni telinga terasa berdenging.

4 Hal Mengatasi Telinga Tersumbat Saat di Pesawat

4 Hal Mengatasi Telinga Tersumbat Saat di Pesawat

Pada dasarnya, organ telinga bernama Tuba Eustachius akan mengatur agar tekanan udara di telinga bagian dalam dan tekanan udara dari luar sebisa mungkin harus selalu setara sehingga tidak menimbulkan masalah. Dengan kata lain organ telinga tersebut tugasnya adalah menstabilkan tingkat tekanan udara. Hal lainnya yang kita ketahui bahwa selama perjalanan dengan pesawat, semakin naik posisi anda di udara maka tekanan udara semakin rendah. Dalam kondisi ketinggian saat take off itu dikategorikan sangat singkat waktunya hingga tekanan udara pun berubah drastis. Hal inilah yang membuat organ telinga anda tidak sempat beradaptasi untuk menyeimbangkan posisi kedudukan tekanan udara.

Seperti yang dikemukakan oleh Ana Kim, MD seorang otolaryngologist di Columbia Doctors Midtown dan Assosiasi Profesor Otolaryngology, University Medical Center Columbia, New York. Secara ilmiah yang telah di teliti, bahwa perubahan cepat dalam tekanan udara yang menyebabkan jatuhnya saluran Tuba Eustachius. Dan mengganggu aliran udara normal yang lewat dari hidung ke telinga. Tak heran jika ada kasus lainnya yang dirasa yakni kondisi sakit pada penumpang baik itu sedang flu atau sakit kepala yang memicu hidung tersumbat. Dengan demikian tekanan udara yang diterima oleh organ telinga itu akan semakin parah kita rasakan.

Untuk menstabilkan kembali tingkat tekanan udara dan mencegah rasa sakit yang tidak nyaman. Anda harus membuka Tuba tersebut agar normal menyesuaikan. Berikut lima hal mudah yang harus dicoba jika itu terjadi pada Anda.

  1. Menguap. Secara refleks menguap akan kita lakukan ketika tekanan udara berubah-ubah di atas pesawat. Yang terkadang kita akan menghadapi rasa ngantuk. Namun ternyata refleks menguap ini juga yang dapat membantu mengatasi rasa sakit telinga anda saat berada di atas pesawat. Dengan kata lain saluran tuba pada organ telinga anda akan terbuka hingga telingamu tidak akan terasa sakit dan kembali seimbang kondisi pendengaran anda.
  2. Minum air putih. Cara kedua ini juga terbaik untuk kamu terapkan guna membuka saluran tubamu agar kembali normal dan tidak sakit. terapkan juga pada anak saat mereka mengeluh pusing atau rewel.
  3. Gerakkan otot mulut anda. Cara terbaik lainnya untuk menghilangkan rasa sakit pada telinga yakni dengan mengunyah makanan, baik itu permen karet, atau roti umumnya.
  4. Tutup hidung dan meniup dengan lembut. Jika makanan pun tak ada untuk mengunyah dan kamu sedang tidak mengantuk sehingga susah memaksa tubuhmu untuk menguap. Kalo gitu tutup saja hidungmu dengan salah satu tangan, tarik nafas perlahan dan hembuskan melalui mulut tertutup agar tekanan udara mendesak saluran tuba untuk tetap terbuka.
Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?