Ruangmedia.comAir Terjun Citambur Permata Hijau Tersembunyi di Cianjur. Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yaitu terdiri dari 17.504 pulau, dengan hal itu bisa kita pastikan kekayaan alam yang di miliki oleh Indonesia sangatlah besar. Diantaranya ada di provinsi Jawa Barat, disana memiliki panorama alam yang indah dan anda pun akan terpesona dibuatnya. Keindahan yang terjaga alami menjadikan sebuah tempat wisata yang banyak dikunjungi orang. Salah satunya adalah Curug Citambur yang terletak di Kabupaten Cianjur sebelah selatan. Curug ini memiliki daya tarik istimewa yang patut untuk tidak boleh anda lewatkan.

Air Terjun Citambur Permata Hijau Tersembunyi di Cianjur
Air Terjun Citambur by instagram / pesonaindonesiaofficial

Air Terjun Citambur Permata Hijau Tersembunyi di Cianjur

Istimewanya, curug yang unik dengan ketinggian hingga mencapai 130 meter ini memiliki tiga tingkatan. Yakni, yang tertingginya mencapai 116 meter, kemudian menengahnya kisaran 12 meter dan paling rendah mencapai hingga 2 meter. Dengan dihiasi oleh air terjun yang jatuh sangat deras dan bergemuruh pada ketinggian 1.400 mdpl seakan-akan memanggil anda untuk datang melihat.

Debit air yang jatuh dengan cepat di antara luasnya tebing curam yang berhiaskan warna hijau. Dan aliran air yang deras tak mengizinkan anda untuk berenang dibawahnya.

Lokasinya berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan, provinsi Jawa Barat. Meski perjalanan anda untuk sampai dilokasi tidaklah sulit. Namun, akses untuk menuju ke air terjun cukup jauh dari jalan utama, Sehingga mengharuskan anda untuk trekking. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir sebab, selama perjalanan anda menuju spot air terjun. Tidak membuat bosan karena anda pun akan ditemani oleh keindahan alam berhiaskan hamparan kebun teh hijau.

Sesampainya di lokasi, rasa lelah anda selama melakukan trekking terbayarkan oleh ke elokan alam yang mempesona berhiaskan air jatuh yang sangat tinggi. Dibalik keindahannya, berbagai kisah rakyat pun bermunculan, mulai dari kisah dibalik air terjun yang bernama Citambur. Mengartikan bahwa suara air yang jatuh hingga menuju kolam menghasilkan detuman suara layaknya irama tambur. Hingga kisah pada penguasaan wilayah kerajaan Kerajaan Tanjung Anginan. Mitosnya, bahwa keyakinan masyarakat dengan adanya batu yang membentuk sebuh kursi simbol pusat kekuasaan.

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star