Akibat Aktifitas Letusan Freatik Kawasan TNGM Sementara Ditutup

Please log in or register to like posts.
News

Akibat Aktifitas Letusan Freatik Kawasan TNGM Sementara Ditutup. – Berawal dari beredarnya unggahan video mengenai aktifitas Erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta. Membenarkan adanya Letusan freatik dengan durasi kegempaan vulkanik selama lima menit pada Jumat (11/5/2018) pukul 07.43 WIB.

Akibat Aktifitas Letusan Freatik Kawasan TNGM Sementara Ditutup

Akibat Aktifitas Letusan Freatik Kawasan TNGM Sementara Ditutup
Ketgam: Letusan Gunung Merapi pada Jumat (11/5/2018) Pagi, Dikutip dari gambar tribunnews.com

Kabar terakhir Seperti yang terlansir di media kompas.com. Menurut pemaparan Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM, Kasbani. Ia menjelaskan terkait aktifitas erupsi mencapai 5.500 meter di atas puncak. Namun Letusan Freatik (dominasi uap air), erupsi berlangsung sekali dan tidak terjadi susulan. Yang artinya letusan yang dipicu pertemuan air dengan suhu panas sehingga menghasilkan dominasi uap air, hanya berlangsung satu kali, dan tanpa letusan susulan.

Guna menjaga keselamatan bersama, seluruh masyarakat dihimbau untuk mematuhi arahan pihak yang berwenang di daerah Kawasan Gunung Merapi. Hal tersebut pula yang di umumkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY) melalui akun twitternya @TRCBPBDDIY. Berdasarkan surat edaran Nomor: SE.250/BTNGM/TU/Ren/05/2018 tentang penutupan Obyek Wisata di Kawasan TNGM. Akibat Aktifitas Letusan Freatik kabar terkini mengatakan Lima nama objek wisata yang termasuk kedalam Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Sementara Ditutup, yakni;

  1. Tiogo Muncar dan Tiogo Nirmolo, Kaliurang-Pakem;
  2. Panguk dan Plunyon, Kalikuning-Cangkringan,
  3. Sapuangin-Deles, Kamalang, Klaten,
  4. Jurang Jero, Srumbung, Magelang, Serta
  5. Pendakian Gunung Merapi dari Sapuangin maupun dari Selo.
Akibat Aktifitas Letusan Freatik Kawasan TNGM Sementara Ditutup
Di informasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta (BPBD DIY). melalui akun twitternya yang dikutip dari gambar @TRCBPBDDIY.

Aktifitas Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Memiliki Ketinggian Gunung mencapai 2.968 meter dari atas permukaan laut. Tidak heran jika terjadi kembali Erupsi di Gunung Merapi tersebut sebab lokasi ini tercatat sebagai gunung api strato paling giat di Indonesia.

Himbauan lainnya untuk masyarakat yang sementara beraktifitas di kota Yogyakarta, yakni seluruh warga diminta untuk menggunakan masker jika berpergian keluar rumah. Sementara pengurus kampung Pujokusuman, Mergangsan, menyiarkan imbauan melalui pengeras suara agar bisa didengar warga.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?