ASN Maju Caleg, Maka Siap Mundur dan Tidak Kembali

Please log in or register to like posts.
News
ASN Maju Caleg, Maka Siap Mundur dan Tidak Kembali

ASN Maju Caleg, Maka Siap Mundur dan Tidak Kembali. – Sudah adanya imbauan dari pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memikirkan kembali matang-matang. Terkait hal keikutsertaannya dalam pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) di semua tingkatan pada periode tahun 2019-2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), masih membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg). Sejak tanggal 4 hingga 16 Juli 2018 mendatang dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan di hari terakhir pendaftaran yakni tanggal 17 Juli 2018 mendatang akan dibuka pada pukul 08.00 hingga 24.00 WIB.

ASN Maju Caleg, Maka Siap Mundur dan Tidak Kembali

ASN Maju Caleg, Maka Siap Mundur dan Tidak Kembali
Foto Ist.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut. Ditekankan kepada para karyawan, direksi, BUMN dan BUMD atau badan lain yang sumber anggarannya dari keuangan negara. Hal itu atas asas Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 dalam Pasal 240 ayat (1) huruf k. Dinyatakan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memutuskan maju sebagai caleg harus mengundurkan diri. Begitu juga Anggota TNI dan Polri aktif, serta Aparatur Sipil Negara (ASN), mereka harus mundur jika maju jadi caleg. Sehingga konsekuensi keluarnya surat pengunduran diri ASN maka tidak dapat ditarik kembali. Seperti yang terlansir di kemendagri.go.id. Dengan kata lain,Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri), menegaskan bahwa posisi ASN sesuai aturan adalah netral, karena itu ada keharusan mengundurkan diri jika memutuskan maju sebagai caleg.

Kabar lainnya dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengakui keuntungan menggunakan Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu kali ini. Selain memberikan kemudahan kepada penyelenggara, partai politik, dan masyarakat dalam hal melakukan pengecekan. Hal itu pula dapat mengidentifikasikan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg). Yang hanya dapat diajukan oleh satu partai politik sesuai dengan daerah pemilihan di masing-masing tingkatan.

“Bacaleg DPRD kabupaten/kota didaftarkan oleh pengurus partai tingkat kabupaten/kota di KPU kabupaten/kota,” ujar Arief di Kantor KPU RI, Jakarta, Dikutip dari nasional.kompas.com Selasa, (3/4).

Oleh sebab itu, Karena itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman mengingatkan kepada partai politik agar lebih teliti terkait hal mengajukan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg).

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?