Biaya Persalinan Normal di Bidan

Please log in or register to like posts.
News

Biaya Persalinan Normal di Bidan – Menurut sebuah studi baru-baru ini di Kebidanan Indonesia. Rata-rata kelahiran di rumah yang tidak memiliki biaya, mengalami komplikasi sekitar 68%. Ini sangat fatal dibanding melahirkan di rumah sakit yang sebanding!.

Bila Anda menambahkan ini pada fakta bahwa kelahiran dengan bidan adalah pilihan yang sangat baik. Dan kemungkinan besar membutuhkan biaya dan tabungan dari kelahiran yang cukup besar.

Berikut ini kami akan bagikan informasi tentang biaya persalinan normal di bidan. Yang tentunya ini kami dapatkan dari sumber yang terpercaya.

Biaya Persalinan Normal di Bidan

biaya persalinan normal di bidan
Foto Bidan Indonesia – Img by fokusjambi.com

Baca Juga: Cara Menghitung Berat Badan Janin Dari Hasil USG.

Biaya persalinan di rumah sakit dan bidan sangat berbeda. Inilah yang perlu Anda ketahui, agar bisa mempersiapkan kelahiran Anda dengan matang. Nah berikut ini adalah biaya-biaya persalinan normal di bidan:

Biaya rata-rata

Jika Anda tidak memiliki asuransi, maka kelahiran di bidan akan menghabiskan biaya sekitar di atas Rp.600.000,-.

Memiliki jaminan kesehatan memang sangat baik. Selain meminimalisir biaya juga dapat memilih faskes yang diinginkan.

Tapi biaya persalinan normal di bidan tanpa memiliki jaminan kesehatan. Biayanya harus ditanggung ibu hamil. Perkiraan biaya persalinan normal di bidan atau di puskesmas. Berkisar antara Rp600.000 sampai dengan Rp1.500.000.

Biasanya bidan sudah mengambil paket. seperti jasa pembuatan akte dan kartu keluarga, suntik imunisasi hepatitis. Dan juga kadang diberikan infus saat akan melahirkan, dan lain-lain.

Pentingnya Asuransi

Dengan asuransi, kebanyakan orang tidak akan mengeluarkan duit yang banyak. Seperti biaya operasi, obat-obatan, dll. Ini, tentu saja, tergantung pada cakupan asuransi Anda punya. Hal ini juga tergantung pada jenis asuransi Anda dan berapa lama Anda tinggal di rumah sakit, dan banyak faktor lainnya.

Jika memakai BPJS, Saat ibu merasa ingin melahirkan, maka bisa langsung pergi ke bidan. atau Biasanya langsung ke faskes 1 yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Namun, apabila dalam kondisi darurat seperti terjadi ketuban pecah, pendarahan atau keadaan serius lainnya. Maka bisa langsung pergi kerumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS.

Biaya yang dicover BPJS kesehatan untuk melahirkan normal adalah Rp600.000. dengan syarat kartu BPJS anda aktif.

Yang artinya, Jika bumil telah memiliki kartu BPJS. maka anda bisa melahirkan secara GRATIS. karena biaya persalinan Rp600.000 akan ditanggung BPJS kesehatan.

Namun, jangan pernah berasumsi bahwa asuransi Anda tidak akan membayar hanya karena melahirkan dengan menggunakan asuransi. Banyak perusahaan asuransi mulai memahami fakta bahwa bidan cenderung menawarkan perawatan yang lebih hemat biaya daripada dokter kandungan tradisional!. Jika itu lebih hemat biaya untuk Anda, berarti lebih hemat biaya untuk mereka juga kan.?

Baca Juga: Taksiran Berat Janin Sesuai Usia Kehamilan.

Rencana pembayaran

Bila asuransi Anda hanya mencakup kelahiran di rumah sakit, Anda mungkin diminta untuk membayar biaya obat-obatan di muka sebelum tanggal jatuh tempo Anda. Banyak rumah sakit akhir-akhir ini akan memeriksa pertanggungan asuransi wanita hamil. dan memberikan kepadanya rencana pembayaran menjelang kelahiran.

Sebaiknya Hati-Hati Memilih Bidan

Tidak hanya biaya persalinan normal di bidan yang harus Ada pertimbangkan. Tapi skill bidan itu sendiri, ada banyak bidan yang belum mengerti betul cara-cara melahirkan. Alih-alih hanya ingin praktek saja. Untuk itu sebaiknya pilihlah bidan andalan Anda, agar dapat membantu Anda dengan maksimal.

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?