BPOM Kendari Temukan 396 Item Kosmetik Berbahaya Beredar di 4 Kabupaten Kota

Please log in or register to like posts.
News

Kendari, Ruangmedia.com – BPOM Kendari Temukan 396 Item Kosmetik Berbahaya Beredar di 4 Kabupaten Kota. Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kendari berhasil menemukan ratusan kosmetik berbahaya yang beredar di pasaran maupun online di 4 (empat) Kabupaten Kota di Sultra

Kepala Seksi Penindakan BPOM Kendari, Wahyuddin Muis mengatakan, sejak 28 November hingga 7 Desember 2018, BPOM Kendari telah melakukan aksi penertiban di pusat-pusat perbelanjaan, baik modern maupun tradisional.

Dari hasil kegiatan aksi penertiban pasar, BPOM di Kedari telah melakukan pemeriksaan terhadap 41 sarana distributor, agen, sub agen kosmetika, toko kosmetika, salon, klinik kecantikan dan penjualan kosmetik online di 4 Kabupaten Kota yaitu Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kolaka Timur (Koltim), Konawe Selatan (Konsel) dan LOKA POM di Kota Baubau melakukan pemeriksaan terhadap 25 sarana.

BPOM Kendari Temukan 396 Item Kosmetik Berbahaya Beredar di 4 Kabupaten Kota

BPOM Kendari Temukan 396 Item Kosmetik Berbahaya Beredar di 4 Kabupaten Kota

“Temuan BPOM di Kendari dari 41 sarana terdapat 28 sarana dikategorikan Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) karena menjual kosmetik tanpa izin edar dan atau mengandung bahan berbahaya. Kosmetik ilegal yang diamankan seperti perawatan kulit paketan, perawatan bibir dan produk scincare serta produk pemutih wajah” ungkap Wahyuddin, Rabu (12/12/18).

“Sedangkan hasil temuan LOKA POM Baubau dari 25 sarana terdapat 22 sarana dikategorikan TMK,” lanjutnya.

Total temuan BPOM di Kendari adalah sebanyak 396 item atau 5.715 pieces dengan total nilai ekonomi sebesar Rp.125.330.000, sedangkan LOKA POM di Baubau menemukan 189 item atau 1.076 pieces dengan total nilai ekonomi sebesar Rp.35.000.000.

Menyikapi temuan tersebut, pihak BPOM Kendari menghimbau kepada pelaku usaha kosmetik untuk terus menaati peraturan yang berlaku.

BPOM Kendari Temukan 396 Item Kosmetik Berbahaya Beredar di 4 Kabupaten Kota

“Bukan hanya pelaku usaha, masyarakat juga diharapkan agar lebih proaktif dalam memilih kosmetik yang dibeli, terutana untuk pembelian kosmetika secara online dan selalu ingat ‘Cek KLIK’ cek kemasan dalam kondisi baik, baca informasi produk pada labelnya, pastikan memiliki izin edar Badan POM, dan tidak melebihi masa kedaluarsa,” himbaunya.

Bagi masyarakat yang menemukan produk bermasalah dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai POM di Kendari di Line Berikut:

 

Telepon       : (0401) 3195855
Facebook    : BPOMKendari
Instagram   : bpom_di_kendari
Halo BPOM :1500533

 

Reporter: ER

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?