Ruangmedia.com – Cara ini dapat mencegah penurunan kognitif. Otak sebagai pusat sistem syaraf pada manusia yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan gerakan dan perilaku. Serta berperan penting dalam pergerakan fungsi tubuh seperti halnya detak jantung, tekanan darah, serta keseimbangan cairan tubuh dan sistem tubuh. Sehingga hal demikian pentingnya menjaga kesehatan pada otak kita sebab hal tersebut juga dapat mempengaruhi kognisi manusia, dari mulai memori, ingatan, menangkap pembelajaran motorik dan sebagainya.

Cara ini dapat mencegah penurunan kognitif

Cara ini dapat mencegah penurunan kognitif

beberapa ahli diantaranya Profesor Dr. Michael Merzenich dari California melalui penelitiannya yang disebut dengan Neuroplasticity selama 30 tahun. Menemukan trik jitu untuk meningkatkan kognitif pada otak. Enam strategi meransang otak melalui aktifitas kegiatan yang biasa dilakukan oleh sebagian orang California. Yakni;

  1. Pertama; memainkan permainan kartu game desktop. Sederhananya game tersebut membutuhkan gerakan dan pemikiran yang kompleks.
  2. Kedua; memilih aplikasi pelatihan otak yang idealnya dapat meningkatkan memori dalam otak, melatih daya fokus, tanggap dan perhatian dalam menyelesaikan masalah, dan sebagainya.
  3. Ketiga; memilih buku teka-teki sebagai peningkatan neurogenesis, atau pembentukan sel-sel otak baru.
  4. Keempat; meluangkan waktu anda dengan melakukan cara sederhana yakni hitung mundur yang dimulai dari angka 100 – 1, hal ini untuk meningkatkan konsentrasi pada otak.
  5. Kelima; berpartisipasi mengikuti kuis saat membaca artikel berita, fungsinya untuk meningkatkan penyimpanan informasi dalam otak.
  6. Keenam: yang terakhir ini juga sering dilakukan oleh sebagian masyarakat California dalam hal menyimak pembicaraan Inspiring. Telah diteliti bahwa pembicaraan inspiring dapat menekan stres pada otak, demikian hal positifnya yang dirasa pada tubuh yakni lebih relax dan dapat meningkatkan komunikasi yang lebih kreatif.

Selain dari cara yang dapat anda lakukan diatas. Yakni anda dapat mengubah pola makan atau dapat pula dengan menjaga makan dengan sebuah cara diet. Untuk cara dietnya itu sendiri telah diteliti oleh Charles Perkins Centre dari University of Sydney di Australia bahwa dengan melakukan diet rendah protein, dan menukarnya dengan jenis makanan berkarbohidrat tinggi dapat mencegah penurunan kognitif pada otak.

Sementara untuk tingkat Asia para dokter ahli menganjurkan “Brain Food” Melalui pola makan sehat. Yakni seperti Ikan salmon, telur, jenis kacang-kacangan, gandum, oat, buah berry. Kemudian, sayuran berwarna merah dan hijau, susu yoghurt, serta daging sapi tanpa lemak. Demikian brain food tersebut lebih mengutamakan protein untuk meningkatkan kesehatan otak.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star