Cara Mengobati Cacar Air Dengan Cepat. – Cacar air merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella-Zoster (VZV). Dampaknya sering dirasakan oleh anak berumur 5-9 tahun. Kekebalan anak akan menurun yang disebabkan kurangnya nafsu makan. Dan dengan ditandai adanya ruam merah kecil, dan hampir menyerupai jerawat. Namun lama kelamaan akan membentuk lepuhan yang berisi cairan dan terasa gatal.

Jenis virus Varicella-Zoster (VZV) tersebut sangat di khawatirkan sebab cara penularannya yang cukup luas dan cepat merambah. Untuk pasien yang terkena cacar air biasanya akan disarankan agar tidak menggaruk ruam merah yang berisi cairan tersebut. Supaya tidak lecet yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Dan bekas luka tersebut akan berangsur lama sembuh dan meninggalkan lingkar hitam yang permanent.

Cara Mengobati Cacar Air Dengan Cepat

Cara Mengobati Cacar Air Dengan Cepat
Ilustrasi

PENCEGAHAN

Cacar air dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi satu kali. Seperti yang disarankan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia, si kecil dapat dicegah dengan melakukan vaksi pada umur 12 bulan. Belum terlambat jika memberikan cukup satu dosis saja pada umur sebelum masuk sekolah hingga menjelang umur 12 tahun. Apabila umur anak beranjak 12 tahun ke atas maka diperlukan dosis vaksinasi cacar air sebanyak 2x dengan jarak 4 minggu.

MENGOBATI

Bagi anak yang terlanjur terjangkit dapat melalui pengobatan secara medis dan kemudian merawatnya secara alami agar lebih cepat proses penyembuhannya. Untuk pengobatan secara alaminya yakni dengan cara dibawah ini;

1. Kunyit Menghilangkan Rasa Gatal.

Cara mengobati cacar air selain rutin meminum obat dari dokter. Dapat pula dibantu secara penyembuhan alami dengan menggunakan kunyit. Caranya yaitu dengan menumbuk kunyit tersebut sampai halus, kemudian ditambahkan dengan minyak kelapa setelah itu panaskan sebentar ramuan tadi. Dan mendinginkannya setelah itu oleskan ramuan pada kulit secara merata pada cacar dan biarkan hingga 10 menit.

2. Daun Jarak Dipakai Untuk Mandi.

Cara mengobati cacar air secara tradisional menggunakan bahan alami selanjutnya. Yaitu dengan merebus 5-7 lembar daun jarak kedalam air 1 panci. Lalu aduk aduk selama 10-15 menit setelah itu angkat dan mencampurkan dengan air menjadi hangat. Yang digunakannya untuk mandi, lakukanlah cara diatas 2 kali dalam sehari sampai penyakit cacar air tersebut sembuh.

3. Madu Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Cacar Air.

Madu merupakan bahan alami yang mampu membuat kulit menjadi mulus. Selain itu, madu memiliki kandungan yang bisa mencegah terjadinya infeksi pada luka. Hal ini tentunya cocok untuk penderita cacar air yang kerap mengalami infeksi pada bagian tubuhnya. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni dengan mengoleskan madu pada bekas cacar air.

4. Air Kacang Polong dapat Mengurangi Iritasi Kulit Pada Cacar Air.

Untuk Cacar air pengobatan secara alami juga dapat dilakukan dengan menggunakan air kacang polong yang telah dimasak. Hal tersebut berfungsi efektif agar dapat mengurangi iritasi kulit. Caranya hanya cukup dengan dioleskan saja pada bagian tubuh anak yang terkena cacar air.

5. Menjaga Kebersihan

Peran sebagai orang tua pun sangat berpengaruh untuk Cara Mengobati Cacar Air Dengan Cepat bagi si kecil yang sedang menderita penyakit cacar, kebersihan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan menjaga kebersihan, penderita akan terhindar dari kuman-kuman yang yang bisa membuat daya tahan tubuh semakin memburuk. Oleh karena itu, penderita cacar air harus selalu mengganti pakaian dan harus menghindari adanya pakaian yang melekat selama 24 jam.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Cara Mengobati Cacar Air Dengan Cepat

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.