Cara menurunkan risiko infeksi telinga

Please log in or register to like posts.
News
Cara menurunkan resiko infeksi telinga

Ruangmedia.comCara menurunkan risiko infeksi telinga. Infeksi telinga terjadi saat virus, bakteri, maupun jamur menyerang bagian dalam, luar, atau tengah telinga. Hal ini juga dapat menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan. Infeksi ini memungkinkan kronis jika tidak diatasi dengan segera. Umumnya Infeksi pada telinga ini dipicu oleh gangguan kesehatan, aktivitas renang, jangkauan menggosok kapas terlalu dalam teling.

Cara menurunkan risiko infeksi telinga

Cara menurunkan resiko infeksi telinga
Foto Ist

Umumnya infeksi telinga menyerang anak-anak maupun dewasa. Dengan kata lain mulailah belajar bagaimana menghindari kondisi seperti ini. Guna menurunkan resiko infeksi pada telinga sebelum mengganggu kesehatan anda. Hal pertama yang dapat anda pastikan yakni belajar melihat tanda-tanda awal, utamanya pada anak-anak.

  1. Pelajari jenis infeksi telinga: a. Otitis Media Akut (OMA), umumnya menyerang anak-anak. Yakni infeksi saluran telinga tengah pada bagian di belakang gendang telinga. Kemudian, b. Otitis Externa, menyerang orang dewasa umumnya bagi yang sering beraktifitas renang atupun penderita diabetes. Yakni infeksi pada saluran telinga bagian luar dan dapat disebabkan oleh bakteri polymicrobial, atau jamur.
  2. Vaksin pada bayi dan anak-anak: Usahakan pada usia 2,4,6, dan 12-15 bulan berikan vaksin conjugated pneumococcal.
  3. Berilah anak kecil makan dengan cara yang tepat, dalam arti memastikn agar jus ataupun racikan makanan tidak menetes ke telinga anak anda.
  4. Batasi penggunaan dot yang berkepanjangan pada anak hingga enam bulan.
  5. Vaksin untuk penyakit flu: Pentingnya diberikan pada orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 6 bulan atau lebih. Hal penting ini karena penyakit flu merupakan penyebab paling utama dari infeksi telinga.
  6. Mengubah gaya hidup sehat:

a. Mencuci tangan sebelum menyentuh telinga, hal ini menghindari masuknya bakteri jahat yang dapat menempel pada telinga.
b. Seringlah menjaga kebersihan daun telinga, selain untuk menghindarkan debu maupun kotoran yang dapat menyebabkan infeksi. Usahakan anda membersihkan telinga dari bagian dalam ke luar agar terhindar dari dorongan bakteri yang masuk dari luar menuju jauh ke dalamnya.
c. Penutup telinga. Dapat menghindari diri terhadap virus dan bakteri jahat adalah penyebab lain terjadinya infeksi telinga. Hal ini termasuk berenang dan menyelam di bawah permukaan air yang terkontaminasi.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?