Cara Turki Bertahan Dari Anjloknya Kurs Lira

Please log in or register to like posts.
News
Cara Turki Bertahan Dari Anjloknya Kurs Lira

Cara Turki Bertahan Dari Anjloknya Kurs Lira. – Upaya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk tetap menguatkan negaranya. Saat menghadapi persoalan anjloknya kurs Lira yang mencapai hingga 6,24 per dolar atau 66% sejak awal tahun 2018. terhadap dolar Amerika Serikat terus dilakukan.

Pasalnya, pasca perselisihan antara Amerika Serikat dan Turki rabu kemarin. Yang berawal dari perdebatan persoalan pemenjaraan di Turki. Terhadap seorang Pendeta Amerika, Andrew Brunson atas tuduhan terlibat dalam upaya kudeta yang dilakukan pada tahun 2016. Hingga sampai pada tahap munculnya perselisihan memanas pada isu perang ekonomi antar dua negara.

Baca Juga: Isu Perang Ekonomi Antara Amerika Serikat dan Turki.

Meskipun demikian, anjloknya mata uang turki, Lira telah berkibar di pasar global. Terkecuali Negara Turki berkomitmen untuk dapat meningkatkan stabilitas di tengah gejolak pasar.

Cara Turki Bertahan Dari Anjloknya Kurs Lira

Cara Turki Bertahan Dari Anjloknya Kurs Lira
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto dari CNBC)

Seperti yang di sarankan oleh International Monetary Fund (IMF) terhadap Negara Turki. Dalam pantauannya yang tertulis di laman CNBC bersamaan dengan gejolak pasar yang terjadi belum lama ini, kepemerintahan turki perlu adanya komitmen yang ditunjukkan sebagai kebijakan ekonomi yang sehat untuk mempromosikan stabilitas makroekonomi dan mengurangi ketidakseimbangan, sambil memastikan kemandirian operasional penuh kepada bank sentral untuk mengejar mandatnya mengamankan stabilitas harga. Hal tersebut dilakukan guna membangun kembali kepercayaan dalam kebijakan ekonominya.

Ditengah memanasnya hubungan antara Amerika Serikat atas dasar krisisnya kurs lira yang dialami di negara tersebut. Berbanding balik dengan Negara Qatar yang sebelumnya telah mengikat perjanjian investasi sejumlah $ 15 miliar. Kepada negara Turki dengan mengembangkan hubungan antara dua negara yakni Qatar dan Turki. Melalui langkah-langkah penawaran dukungan lebih lanjut terkait Turki hingga ke teluk sekutu untuk rally lira setelah bank sentral Turki memperketat likuiditas dan menahan penjualan mata uang. Hubungan baik antara negara Qatar dan Turki yang sudah terjalin sejak lama tersebut kembali semakin dipererat melalui pertemuannya antara Recep Tayyip Erdogan dengan Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani rabu kemarin.

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?