Dewan Kerajaan Laiwoi Kendari Resmi Dikukuhkan

Please log in or register to like posts.
News

KENDARIDewan Kerajaan Laiwoi Kendari Resmi Dikukuhkan. Pangeran Endri tekaka Sao- sao yang menyandang gelar Mokole Wewulaa Ikowuta Laiwoi Ikonawe di kerajaan Laiwoi melantik Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra (ADP) menjadi seorang bangsawan di Kerajaan Kendari.

Pasca pelantikan, ADP resmi menyandang gelar “Anakia Pombodisino lipo Wuta I Kandari yang artinya “Seorang Bangsawan Yang Memimpin Bangsa Kendari”.

Menurut Pangeran Endri Tekaka Sao-Sao yang juga bertindak sebagai ketua panitia dalam prosesi adat yang dilaksanakan di Aula Bertakwa Kantor Walikota Kendari tersebut, pemberian gelar istimewa kepada ADP tidak diberikan begitu saja, ada beberapa hal yang dipertimbangkan oleh Dewan Kerajaan sehingga memutuskan untuk melantik Walikota Kendari tersebut sebagai Bangsawan di Kerajaan Kendari.

Dewan Kerajaan Laiwoi Kendari Resmi Dikukuhkan
Ketgam: Prosesi Penobatan ADP sebagai bangsawan di kerajaan laiwoi

“Kenapa kami memberi gelar atau menobatkan beliau sebagai bangsawan di kerajaan laiwoi, pertama beliau juga adalah bagian dari pada masyarakat Tolaki (Suku Asli Kendari), beliau bagian dari pada bangsawan Tolaki, dan untuk lebih melekatkan dan membagun sinergitas terkait dengan kegiatan pelestarian budaya makanya kami memberi gelar kepada beliau Anakia Pombodisino lipo Wuta I Kandari, Artinya, seorang bangsawan muda yang memimpin negeri Kendari,” paparnya.

Lebih lanjut, Pangeran Endri juga mengatakan, prosesi adat tersebut sangat lah penting untuk meningkatkan sinergitas antara pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dengan Dewan Kerajaan Kendari dalam melestarika budaya daerah.

“Sekiranya acara ini sangat-sangat bermanfaat bagi kami, khususnya di Tras kami, di kerajaan Laiwoi Kendari sehingga pelestarian adat dan budaya ini bisa terlaksana atas dukungan penuh daripada pemerintah daerah dalam hal ini bapak Wali Kota Kendari,” ucapnya

Tidak hanya itu saat Dewan Kerajaan Laiwoi Kendari Resmi Dikukuhkan, Pangeran Endri juga mengatakan, pelestarian kebudayaan dapat terlaksana dengan baik apabila mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat dalam hal ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Mengenai Program Kerajaan Kendari, Pangeran Endri sedikit membeberkan bahwa kedepannya pihak Kerajaan akan terus memperkenalkan budaya dan potensi-potensi yang ada di Kerajaan Kendari agar bisa menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

“Program kedepan InshaAllah kita di Kota Kendari khususnya ini memiliki potensi-potensi tentang wisata budaya, banyak situs-situs peninggalan budaya yang belum tersentuh, salah satunya misalnya meriam lontar yang ada di Kelurahan mata, itu belum terekspos secara maksimal, dan itu bisa menjadi salah satu daya tarik daripada wisatawan atau daripada masyarakat yang ingin mengetahui lebih jelas tentang sejarah daripada Kota Kendari,” paparnya.

Disaat yang sama, Pihaknya juga mengharapkan, setelah prosesi adat tersebut diharapkan kedepannya akan lebih banyak lagi pejabat-pejabat daerah yang bersedia untuk ikut serta dalam melestarikan budaya daerah Kendari.

Dewan Kerajaan Laiwoi Kendari Resmi Dikukuhkan
Ketgam: Pasca Prosesi Adat berjalan dengan hikmat dan disaksikan oleh beberapa pejabat

“Alhamdulillah pada hari ini kita telah melaksanakan prosesi adat pengukuhan dewan kerajaan Laiwoi Kendari semoga apa yang kita harapkan, apa yang kita cita citakan terkait dengan sinergitas antara lembaga kelembagaan adat masyarakat dan kelembagaan adat kerajaan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, dan kedepannya kami mengharapkan agar akan lebih banyak lagi pejabat-pejabat atau muspida-muspida yang mau untuk melestarikan budaya sehingga kami bisa bersinergi dengan pemerintah” tuturnya.

Disaat yang sama, Dewan Kerajaan Laiwoi Kendari Resmi Dikukuhkan, ADP juga menanggapi penyelenggaraan prosesi adat tersebut, dikatakannya kedepannya Pemkot Kendari akan selalu memberikan dukungan dalam kegiatan-kegiatan dan pelestarian ragam budaya yang ada di Kota Kendari.

“Kita memiliki berbagai ragam budaya dan dengan kegiatan ini diharapkan akan semakin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan kita” ujarnya

Selain itu, ADP juga menghimbau kepada para geberasi muda agar turut serta dalam menjaga dan melestarikan keaneka ragaman budaya yang ada di Kota Kendari.

“Sejarah itu penting sebab sejarah itu mengingatkan kita tentang masa lalu yang dapat menjadi pelajaran penting untuk kita semua” himbaunya.

Lihat Juga: Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi 

Reporter : ER

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?