WAKATOBIDorong Percepatan Pembangunan Ini Yang Dilakukan Pemda Wakatobi. Guna mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Wakatobi. Pemerintah daerah (Pemda) setempat dalam beberapa bulan terakhir ini, intens meningkatkan komunikasi dengan pemerintah pusat.

“Kita telah melakukan audiensi dengan beberapa kementerian terkait dan terkahir baru saja dua minggu lalu kami juga diterima oleh bapak Menteri pariwisata (Menpar) Republik Indonesia (RI) untuk membahas berbagai issu penting terkait dengan upaya mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan di Wakatobi mulai dari issu konektivitas, masterplan terintegrasi, pengembangan investasi dan pembangunan infrastruktur wilayah,”ungkap Arhawi pada pembukaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) 2018 di pulau Wangiwangi, Sulawesi Tenggara (Sultra) di lapangan merdeka Wangiwangi. Minggu, (11/11/2018).

Dorong Percepatan Pembangunan Ini Yang Dilakukan Pemda Wakatobi

Dorong Percepatan Pembangunan Ini Yang Dilakukan Pemda Wakatobi
Ketgam 1: Arhawi

Arhawi menyampaikan, termasuk proses yang telah bergulir selama ini yaitu pembentukan Badan Otorita Pariwisata (BOP). Semoga saja dalam waktu yang tidak terlalu lama akan segera terbit Peraturan Presiden (Perpres)nya. Karena sudah masuk pada tahapan finalisasi di sekretariat kabinet republik indonesia

Ditempat yang sama, Gubernur Sultra, Ali Mazi menuturkan, saat ini, pemerintah provinsi Sultra sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023. yang akan berfungsi sebagai arah pembangunan Sultra dalam lima tahun ke depan.

Dorong Percepatan Pembangunan Ini Yang Dilakukan Pemda Wakatobi
Ketgam 2 : Ali Mazi

“Salah satu potensi besar yang belum tergarap secara optimal adalah sektor pariwisata. Oleh karena itu, dalam RPJMD Sultra 2018 2023, kita akan menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan. Dan akan kita laksanakan dalam bentuk terpadu yang melibatkan seluruh kabupaten kota di Sultra. setiap kabupaten/kota dapat menetapkan destinasi pariwisata di daerahnya masing-masing yang akan dikembangkan sebagai destinasi unggulan dan bekerjasama dengan pemerintah provinsi (Pemprov) dalam bentuk sharing,”jelasnya.

Sementara itu, Asisten Deputi strategi dan komunikasi pemasaran I. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kementrian Pariwisata, Harianto. Mengungkapkan pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dan itu sudah terjadi di Wakatobi.

Dorong Percepatan Pembangunan Ini Yang Dilakukan Pemda Wakatobi
Ketgam 3 : Harianto

“Ini dapat dilihat dari partisipasi masyarakat dalam Wakatobi Wave 2018. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) telah mempromosikan Wakatobi di tingkat internasional, sehingga nantinya diharapkan pariwisata Wakatobi semakin berkembang,”tandasnya.