Dua Pasar Di Wakatobi Tidak Ada Aktifitas

Please log in or register to like posts.
News
Dua Pasar Di Wakatobi Tidak Ada Aktifitas

WAKATOBIDua Pasar Di Wakatobi Tidak Ada Aktifitas. Menggunakan uang negara miliaran rupiah, dua bangunan pasar yang terletak di Kabupaten Wakatobi, tidak digunakan.

Pasalnya, kedua bangunan yang harusnya menjadi pusat perputaran uang ini banyak menuai pertanyaan dari masyarakat setempat.

Pasar tersebut adalah Pasar Baru yang terdapat di Kecamatan Tomia Induk. Sejumlah masyarakat Tomia mengaku, bangunan ini mulai dibangun pada era kepemimpinan Hugua, yang pada saat itu masih menjabat sebagai Bupati Wakatobi selama dua periode, hingga akhirnya digantikan Arhawi pada tahun 2016.

Dua Pasar Di Wakatobi Tidak Ada Aktifitas
Ketgam: Nampak sepi gambaran salah satu Pasar Di Wakatobi Tidak Ada Aktifitas

Sayangnya hingga saat ini lokasi yang harusnya menjadi pusat perniagaan itu masih terlihat kosong dan tidak terjadi aktivitas apapun.

Hal serupa juga terjadi di Pasar Wanci, yang berada tepat disamping pelabuhan Marina, Kelurahan Wanci, Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi, juga tidak terjadi aktifitas layaknya pasar.

Salah satu warga Pulau Tomia, Anwar mengatakan, bahwa alasan Pasar baru Tomia Induk ini tidak ada aktifitas kendati ada beberapa oknum yang sengaja memborong beberapa ruko. Kemudian disewakelolakan kembali kepada masyarakat yang berdagang dipasar baru itu.

“Setau kami pasar ini dibangun untuk masyarakat penjual disini. Namun ternyata tidak seperti seharusnya. Ada beberapa orang yang rupanya telah memborong beberapa ruko yang ada, kemudian mereka sewa-sewakan ke kami. Makanya kami tidak mau karena kami tidak punya uang banyak,” katanya

Mengenai hal itu Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Perindag), Kamarudin, saat ditemui dikantornya, kompleks perkantoran Manugela, Kecamatan Wangiwangi membenarkan. Permasalahan pasar baru Tomia dikarenakan sejumlah masyarakat tidak mendapat bagian. Hal tersebut terlihat gambaran dari Dua Pasar Di Wakatobi Tidak Ada Aktifitas

“Sengaja dibangun disitu karena untuk memindahkan para penjual yang di pelabuhan itu supaya mereka naik ke Pasar Baru. Dan penjual-penjual tersebut sudah setuju. Namun setelah pembagian, mereka tidak lagi dapat bagian, ini yang menjadi masalah. Itu kan ada kepentingan. Sebelumnya saya juga sudah pernah dengar keluhan masyarakat soal jual beli tempat di pasar baru Tomia,”terangnya.

Lebih lanjut mantan Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Wakatobi itu menjelaskan, kalau pasar Wanci dekat Marina ini saya sudah melapor di Bupati, bahwa saya akan alifungsikan sebagai Gerai Industri Kecil. Saya sudah sampaikan kepada para staf untuk di desain kembali, supaya kita kumpulkan semua pengrajin disitu artinya kuliner kering saja yang dijual disitu. Tahun depan saya akan usulkan anggarannya.

 

Reporter : Nova Ely Surya

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?