Empat Tari Khas Wakatobi Meriahkan Wakatobi Wave 2017

Please log in or register to like posts.
News

WAKATOBIEmpat Tari Khas Wakatobi Meriahkan Wakatobi Wave 2017 Tiga hari menjelang pelaksanaan Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) 2017 Pemerintah setempat masih terus mempersiapkan tari kolosal, khas dari 4 pulau yang berbeda yang tersebar di Kabupaten Wakatobi.

Tentu dengan tarian khas masing-masing pulau-pulau. Untuk Pulau Wangiwangi, dengan tari Lengko, Kahedupa dengan Tari Larianginya, Tomia dengan Tari Sajo Moane dan Binongko dengan tari Balumpanya.
Guna memeriahkan pelaksanaan event yang digelar sekali dalam setahun itu.

Empat Tari Khas Wakatobi Meriahkan Wakatobi Wave 2017
Empat Tari Khas Wakatobi Meriahkan Wakatobi Wave 2017

Sebanyak 1000 penari dilibatkan, terdiri dari siswa dan siswi dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Wakatobi akan tampil dalam satu koreografi pada tanggal 11 dan 13 2017 mendatang.

Kepala dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Wakatobi Nadar, menjelaskan bahwa sebelumnya semua penari masih berlatih secara terpisah dipulau masing-masing, lalu kemudian di kumpulkan dalam satu kolaborasi tarian yang lebih menarik untuk di tonton.

“Ini adalah warna baru, dimana tari kolosal ini memadukan beberapa unsur tari tradisional khas masing-masing pulau di Kabupaten Wakatobi terutama yang menjadi ikon ditiap pulau seperti di Binongko ada tari Balumpa, Tomia ada Sajo Moane, Kahedupa ada Lariangi, dan di sini ada Lengko dan tari kreasi,”ujarnya saat ditemui dipelabuhan Pangulubelo, kelurahan Mandati I, Kecamatan Wangiwangi Selatan yang juga akan menjadi tempat dihelatnya Wakatobi Wave 2017, Rabu sore usai memantau persiapan tari kolosal.

venue wakatobi wave 2017
venue wakatobi wave 2017

Nadar melanjutkan, saya simak perpaduan ini menghasilkan sesuatu
yang harmonis dari semua peserta. Disini kami juga melibatkan koreografer dari Provinsi serta pembina-pembina sanggar yang ada di Wakatobi dan durator dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar) untuk memantau konsep Event Wakatobi Wave baik dikarnaval nanti maupun tari kolosalnya.

Baca juga : Jelang Wakatobi Wave 2017 Pemda Kenakan Sarung Dan Kampuru

Reporter : Nova Ely Surya

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?