Faktor Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya. — Umumnya dalam dunia medis, tekanan darah dalam tubuh menjadi salah satu alat bantu untuk mengindikasikan. Kondisi baik atau buruknya kinerja setiap organ didalam tubuh kita.

Perlunya melakukan pemeriksaan medis tidak hanya dilakukan saat anda terdiagnosa. Karena, tekanan darah itu pun ada yang bersifat normal dan tidak normal. Ketika mengambil tekanan darah anda, seorang dokter atau perawat akan mengukurkan dua angka yakni tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik.

Faktor Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya

Faktor Tekanan Darah Rendah dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Design by freepik.com

Menurut American College of Cardiology (ACC) dan American Heart Association (AHA) mengenali tekanan darah normal di bawah 120/80 mm Hg. Jika angka-angka ini lebih tinggi dari 120/80 mmHg, seringkali di indikasikan bahwa jantung bekerja terlalu keras untuk memompa darah melalui arteri.

Penyebab Tekanan Darah Rendah

Banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah anda terlalu rendah (kurang dari 90/60 mmHg) atau dalam dunia medis disebut sebagai hipotensi.

Sederhananya, jika anda meyakini bahwa hipotensi tersebut disebabkan seperti dehidrasi atau efek samping obat lainnya justru tidak selamanya menjadi faktor utama.

Akan tetapi, kemungkinan juga diakibatkan dari permasalahan seperti, masalah jantung, gangguan hormon, kondisi saraf, dan bahkan kehamilan.

Menentukan apa yang menjadi akar permasalahan tekanan darah anda rendah, dimulai dengan mencari tahu jenis hipotensi yang anda miliki.

Hipotensi ortostatik

Atau biasa disebut juga dengan hipotensi postural. Jenis hipotensi ini terjadi ketika tekanan darah turun dengan cepat selama perubahan posisi tubuh, sebagai gambaran ketika posisi anda berubah dari duduk menjadi berdiri. Hal itu menyebabkan tanda-tanda klasik bahwa tekanan darah anda terlalu rendah. Kondisi tersebut dipastikan dengan dirasakan seperti pusing, penglihatan kabur, bahkan bisa sampai pingsan.

Hipotensi Neurologis

Masalah dengan hipotensi jenis ini berada pada kondisi sistem saraf anda. Terutama gangguan pada sistem saraf otonom, termasuk Postural Orthostatic Tachycardia Syndrome (POTS) dan vasovagal syncope yang dapat disebabkan tekanan darah rendah akibat posisi lama berdiri. Pemicu lain dari jenis hipotensi ini ialah tingkat stres emosional yang bermediasi oleh saraf.

Hipotensi Parah Terkait Syok

Penyebab Syok Meliputi:
Kehilangan darah utama (internal atau eksternal), Syok septik akibat infeksi atau racun, Kehilangan cairan yang parah akibat diare, terbakar, atau terlalu sering menggunakan diuretik. Selain itu syok kardiogenik juga dapat timbul yang diakibatkan karena serangan jantung, aritmia, atau emboli paru. Syok vasodilatasi terlihat pada cedera kepala, gagal hati, keracunan, atau anafilaksis.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Saat anda dihadapi dengan kondisi hipotensi seperti ini yang paling utama adalah lebih menenangkan seluruh jaringan syaraf anda dan berusaha mengontrol diri sendiri baik dari segi menjaga pola makan dan minuman. Hingga menjaga kondisi gerak tubuh sehari-hari, sebab hipotensi sangat rawan dengan kondisi tubuh yang terlalu lama berdiri maupun duduk. Diluar dari itu jika anda tetap membutuhkan obat, tentunya disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar dapat mengubah dosis obat tersebut dengan memberikan alternatif lain.

Summary
Review Date
Reviewed Item
rekomendasi
Author Rating
51star1star1star1star1star