Ruangmedia.comGoa Moko Nirwana di Baubau. Indonesia masih memiliki banyak keindahan alam yang berpotensi sebagai tempat wisata. Jika anda mengunjungi kota Baubau, Sulawesi Tenggara, disana anda akan menemukan berbagai macam keindahan yang tersembunyi. Mulai dari hutan di pegunungan, danau, air terjun, hingga goa – goa yang terjaga rapih oleh warga setempat. Dan melalui dorongan upaya pemerintahan daerah untuk menyelamatkan potensi-potensi pesona pariwisata yang masih sedikit terjamahkan oleh pengunjung.

Tidak ada salahnya jika anda dapat memulai untuk menjajaki Goa Moko di Baubau, Sulawesi Tenggara. Lebih menariknya lagi saat anda datang di lokasi tersebut, dijamin mata anda akan disambut oleh keindahan alam yang nampak bagaikan di nirwana.

Goa Moko Nirwana di Baubau

Goa Moko Nirwana di Baubau
Lokasi : Goa Moko Nirwana – Kota Baubau, Sulawesi Tenggara . memancarkan keindahan yang unik dari dasar airnya. repost foto By : @exploresulawesi_tenggara

Dibalik keindahan goa tersebut, tersirat masa lalu yang menjadi cerita warga setempat akan sumber kehidupan yang bermanfaat. Goa Moko ialah sebutan warga Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Baubau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Lokasi ini dahulunya dikenal oleh masyarakat setempat sebagai sumber mata air. Dan warga mengambil air dari goa tersebut untuk kebutuhan rumah tangga mereka sebab mata airnya tidak akan pernah kering.

Hal demikian terjadi karena lokasi goa moko dapat anda temukan ketika berjalan menelusuri Pantai Nirwana kurang lebih berkisaran 10 menit berjalan ke bagian selatan pantai. Untuk mengexplore lebih dalam lagi, goa moko memiliki air payau yang terasa sejuk dan anda pun dapat langsung mencoba menyelam. Kedalaman menyelam di air goa moko tersebut mencapai hingga 20 meter. Untuk pemula yang menyelam di goa ini disarankan untuk berhati-hati sebab, tekstur bebatuan yang mengelilingi langkah kaki anda cukup terjal.

Petualangan anda tidak terhenti sampai disini, anda pun akan merasakan aura lainnya yang dirasakan saat anda menyelam di dasar air. Di dalam dasar air masih banyak peninggalan masa lalu seperti guci, keramik china, hingga sisa tengkorak manusia. Dan ketika cahaya matahari tembus di dalam air, maka akan menyisahkan bayangan yang nampang mencerminkan keadaan di dasar air goa moko.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star