Google Hapus Puluhan Konten Hoaks Iran dan Rusia

Please log in or register to like posts.
News
Google Hapus Puluhan Konten Hoaks Iran dan Rusia

Google Hapus Puluhan Konten Hoaks Iran dan Rusia. – Pasca Facebook Inc., Twitter Inc., serta Alphabet Inc melakukan penghapusan akun besar-besaran hingga mencapai ratusan akun. Terkait hal mempromosikan agenda geopolitik negara Iran ke seluruh dunia. Penyebaran tersebut melalui akun-akun palsu yang berkaitan tentang identitas berita palsu serta media sosial palsu.

Google Hapus Puluhan Konten Hoaks Iran dan Rusia

Google Hapus Puluhan Konten Hoaks Iran dan Rusia
foto ist

Seperti yang terlansir di liputan6.com Kabar sebelumnya Facebook menyatakan, kampanye ini menargetkan pengguna layanan internet dari Timur Tengah, Amerika Latin, Inggris, dan Amerika Serikat. Yang telah menghapus 254 laman dan 392 akun di platformnya serta yang terkait di Instagram. Facebook melanjutkan kampanye telah dimulai pada 2011, Konten tersebut diperkirakan menghabiskan biaya iklan baik di Facebook dan Instagram berkisaran US$12.000. Sejauh proses identifikasi kabar terkait perlindungan facebook dalam upaya pencegahan serangan dari campur tangan pihak asing. Penghapusan akun palsu yang tersebar di platform, peningkatan transparansi iklan hingga mengurangi penyebaran berita hoax.

Kabar selanjutnya, Twitter pun menginformasikan bahwa telah menangguhkan 284 akun. Tautan yang terkait langsung dengan Iran sehari setelah Microsoft menggagalkan serangan cyber Rusia terhadap kelompok konservatif AS.

Terlepas dari itu kembali menyusul kemudian Google menyatakan, bahwa sudah menutup akun yang memiliki total 13 ribu penonton sejak januari 2017 di 39 channel YouTube, serta enam blog pada situs blogger, dan 13 akun Google+ yang diduga memiliki hubungan dengan Islamic Republic of Iran Broadcasting., Pada Kamis (23/8).

Seperti yang dikutip dari cnnindonesia, Google memaparkan hasil investigasinya bersamaan dengan pihak konsultan keamanan siber FireEye. Bahwasanya, kecurigaannya atas aktifitas penyebaran informasi melalui kampanye yang berasal dari negara Iran. Melalui tampilan berbagi kontent tentang politik di Inggris dan Amerika Serikat dalam Bahasa Inggris, hingga penyebaran luas ke negara bagian Timur Tengah melalui bahasa arab.

“Investigasi kami terkait topik-topik semacam ini masih berlangsung dan kami akan terus membagikan temuan-temuan yang kami peroleh kepada para penegak hukum serta pihak-pihak pemerintahan terkait di Amerika Serikat dan seluruh dunia,” Ditulis oleh Google dalam sebuah postingan blog, dikutip dari Reuters.

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?