Hadiri Seminar Internasional, Abu Hasan Sosialisasikan Produk Unggulan Pertanian Organik Butur

Please log in or register to like posts.
News

Kendari, Infosultra.id-Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), dibawah kepemimpinan Abu Hasan, semakin getol mensosialisasikan produk pertanian organik yang hingga kini telah dikemas dan dipasarkan di berbagai daerah di Indonesia.

Sosialisasi produk pertanian organik Butur itu, kali ini dipaparkan dalam salah satu sesi seminar internasional maritim dan pembangunan infrastruktur ICMID (International Confrence of Maritime Infrastructure and Development) yang melibatkan Fakultas Tekhnik Universitas Halu Oleo (UHO).

Bupati Buton Utara, Abu Hasan, memaparkan testimoni produk unggulan daerahnya yang juga ikut dipamerkan dalam ajang itu. Produk unggulan itu mencakup produk pertanian organik yang juga terintegrasi dengan sektor perikanan, peternakan, dan perkebunan, meliputi produk perikanan tangkap tuna, kelapa, cokelat, cengkeh, dan ternak sapi.

“Ada banyak varietas unggulan produk pertanian Butur yang kami paparkan disini, yang tentunya terintwgrasi dengan sub sektor penunjang lainnya,” ujar Abu Hasan, saat ditemui usai agenda seminar internasional ICMID, Senin (19/11/2018).

Sosialisasi kali ini, menurut Abu Hasan, juga merupakan bagian dari upaya Pemkab Butur mendukung keterlibatan civitas akademika UHO, terutama Fakultas Tekhnik, dalam melaksanakan riset ataupun penelitian terhadap pentingnya pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan kondisi wilayah maritim di Sultra, khususnya Buton Utara.

“Tentu Pemkab Butur sangat membuka kesempatan bagi akademisi untuk bersama-sama mensukseskan pembangunan daerah sesuai dengan kondisi wilayah maritim di Sultra,” tuturnya.

Produk pertanian organik Butur sendiri, diketahui saat ini telah dikemas dalam berbagai merek salah satunya adalah produk beras organik Wakawondu, yang 9 varietasnya telah memiliki hak paten.

Produk beras organik itu, selain telah menjelajahi pasar nasional, rupanya juga diminati oleh Negara tetangga seperti Australia.

“Beras yang dipasarkan di dalam negeri sudah berstandar nasional, smeoga Tahun 2020, karena sudah ada Negara Australia yang minat dengan produk pertanian organik kita, kita upayakan sudah bisa berstandar internasional,” tuturnya.

 

Penulis: Yaya

Editor: Alifiandra

 

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?