Hukum dan Waktu Puasa Syawal – Waktu paling baik untuk melaksanakan puasa syawal. Yang biasa dilakukan oleh sebagian umat muslim setelah sempurnanya anda mengerjakan puasa ramadhan. Yakni dilakukan Puasa enam hari pada bulan Syawal. Yang paling baik adalah setelah melaksanakan Idul Fitri langsung dan harus berkesinambungan. Yakni tepat tanggal 2 syawal, seperti yang di-nash-kan oleh para ulama. Dan diperbolehkan juga bagi seseorang yang ingin melaksanakan puasa syawal yakni tiga hari setelah Idul Fitri.

Hukum dan Waktu Puasa Syawal

Hukum dan Waktu Puasa Syawal
Foto Ist.

Imam Nawawi dalam Syarah Muslim mengatakan, para ulama madzhab Syafi’i mengatakan. Paling afdhol (utama) melakukan puasa syawal secara berturut-turut (sehari) setelah shalat ‘Idul Fithri. Namun, jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal, maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal.

Hukumnya Puasa Syawal adalah sunnah: “Ini adalah hadits shahih yang menunjukkan bahwa berpuasa 6 hari pada Syawal adalah sunnah. Nabi Muhammad SAW bersabda:

قال النبي صلى الله عليه و سلم من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال فذلك صيام الدهر.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Siapa yang berpuasa Ramadhan dan melanjutkannya dengan 6 hari pada Syawal, maka itulah puasa seumur hidup’.” (HR. at-Tirmidzi).

Hal tersebut pula yang dijelaskan oleh Syekh Ibrahim Al-Baijuri dalam Hasyiyatul Baijuri ‘alâ Syarhil ‘Allâmah Ibni Qasim sebagai sebagai keistimewaan umat muslim yang menjalankan puasa sunnah di bulan syawal, yakni sebagai berikut.

(وستة من شوال) أي لخبر من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر فإن صيام رمضان بعشرة أشهر وصيام الستة من شوال بشهرين فذلك كصيام السنة والمراد أنه كصيامها فرضا والا فلا خصوصية لذلك لأن الحسنة بعشرة أمثالها

Artinya, “Salah satu puasa sunah adalah (puasa enam hari di bulan Syawal) berdasarkan hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa yang berpuasa Ramadhan, lalu mengiringinya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, ia seakan berpuasa setahun penuh. Karena, puasa Ramadhan setara dengan puasa sepuluh bulan. Sedangkan puasa enam hari di bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Semua itu seakan setara dengan puasa setahun penuh’.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Hukum dan Waktu Puasa Syawal

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.