Investor Mendapatkan NIB di Sistem OSS

Please log in or register to like posts.
News
Investor Mendapatkan NIB di Sistem OSS

Investor Mendapatkan NIB di Sistem OSS – Telah disosialisasikan melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 24/2018 terkait sistem online single submission atau yang disingkat dengan OSS. Merupakan sebuah pelayanan sistem perizinan online terpadu berbasis web.

Terkait isi dari pelaksanaan perizinan berusaha yang sudah diterapkan. Didalam peraturan pemerintah (PP) tersebut bahwa jenis Perizinan Berusaha terdiri atas: a. Izin Usaha; dan b. Izin Komersial atau Operasional. Sementara pemohon Perizinan Berusaha terdiri atas Pelaku Usaha perseorangan serta Pelaku Usaha non perseorangan.

Hal serupa pula telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Seperti yang terlansir di liputan6.com. Saat kunjungan sosialisasinya di Hotel Borobudur, Jakarta. Mengenai sistem perizinan online terpadu bahwa izin-izin berusaha yang diajukan. Sebelum berlakunya PP ini dan belum diterbitkan izinnya, akan diproses. Melalui sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau OSS,” katanya, Jumat (29/6).

Investor Mendapatkan NIB di Sistem OSS

Investor Mendapatkan NIB di Sistem OSS
Foto Ist (menteri koordinator bidang perekonomian, Darmin Nasution)

Sebagaimana kewenangan lembaga OSS dalam Pasal 23 PP No. 24/2018, menerbitkan NIB (Nomor Induk Berusaha) setelah Pelaku Usaha melakukan Pendaftaran. Melalui pengisian data secara lengkap di dalam laman OSS (oss.ekon.go.id) dan anda pun akan mendapatkan NPWP. Sama halnya jika setiap warga Negara Indonesia memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Maka setiap badan atau orang yang melakukan usaha, juga akan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Dalam Lampiran HVS yang dapat dicetak (Print Out) Dokumen Elektronik sah diberlakukan dengan Tanda Tangan Elektronik yang terlampir di setkab.go.id. Pada Pasal 26 PP No. 24/2018 menyebutkan keberlakuan Nomor Induk Berusaha (NIB) ialah;

a. TDP (Tanda Daftar Perusahaan) sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang tanda daftar perusahaan;
b. API (Angka Pengenal Impor) sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang perdagangan; dan
c. Hak akses kepabeanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang kepabeanan

NIB berbentuk 13 (tiga belas) digit angka acak yang diberi pengaman dan disertai dengan Tanda Tangan Elektronik.

Sementara informasi lainnya dalam Pasal 40 PP No. 24/2018. “Lembaga OSS membatalkan Izin Usaha yang sudah diterbitkan. Dalam hal Pelaku Usaha tidak menyelesaikan pemenuhan Komitmen dan/atau Izin Komersial atau Operasional.”

Dengan kata lain Pelaku Usaha yang telah mendapatkan Izin Usaha tetapi belum menyelesaikan: a. Amdal; dan/atau b. rencana teknis bangunan gedung, menurut PP ini, belum dapat melakukan kegiatan pembangunan bangunan gedung.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) ini disebutkan, Lembaga OSS menerbitkan Izin Komersial. Atau Operasional berdasarkan Komitmen untuk memenuhi: a. standar, sertifikat, dan/atau lisensi; dan/atau b. pendaftaran barang/jasa sesuai dengan jenis produk dan/atau jasa yang dikomersialkan oleh Pelaku Usah melalui sistem OSS.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?