WAKATOBI – Jelang Wakatobi Wave 2017 Pemda Wakatobi Kenakan Sarung Dan Kampuru. Guna menyambut Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) 2017, Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi dan jajarannya diharuskan mengenakan Sarung dan Kampuru khas Daerah.

Yang dimulai sejak tanggal 5 sampai dengan tanggal 13 November 2017.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Wakatobi, Nadar, mengatakan hal itu dilakukan sejak pra event Wave 2017.

“Rangkaian kegiatan ini walaupun puncaknya pada tanggal 11 November tapi kan sudah ada pra event yang kita gelar sejak tanggal 5 November kemarin dan dalam surat edaran Bupati Wakatobi memang sudah ditegaskan kalau diberlakukan mulai tanggal tersebut,”katanya saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa, (7/11/2017).

Jelang Wakatobi Wave 2017 Pemda Wakatobi Kenakan Sarung Dan Kampuru
Nadar – Kepala Dinas Pariwisata

Kata dia, Wakatobi Wave ini kor eventnya kan adalah kegiatan budaya, ada karnaval budaya, tari kolosal, pagelaran seni budaya dan sebagainya, termasuk juga kegiatan berupa lomba-lomba serta hiburan lainnya.

“Karena kornya kita adalah kegiatan budaya, maka memang saya kira ini hal yang lumrah dan memang menjadi tuntutan, bahwa partisipasi masyarakat dan juga semua jajaran, pegawai pemerintahan kan harus ikut mengambil bagian. Guna memeriahkan dan mensukseskan acara ini. Salah satunya juga adalah menyongsong hari H itu sudah harus ada pra Kondisi,”ujarnya.

Sambungnya, kemudian kita juga harus menciptakan suasana bahwa ini adalah event budaya ini adalah event budaya kita bersama dan kita juga harus berpartisipasi untuk mewarnai momen.

Salah satunya ada kebijakan Pemda yang menegaskan pada semua Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) termasuk juga himbauan kepada masyarakat melalui para camat. Agar menjelang atau selama kegiatan harus tampilkan warna budaya setempat, salah satunya melalui penggunaan kostum dan pakaian khas adat dan daerah Wakatobi.

“Sudah menjadi hal yang lazim juga karena sudah beberapa kali rangkaian festival. Kita selalu mengenakan sarung adat, sarung khas daerah kita yang juga dilengkapi dengan Kampuru kalau untuk pria,”ungkapnya.

Lebih lanjut Nadar mengungkapkan, dan untuk wanita dianjurkan kalau pada saat menjelang kegiatan ini mereka mengenakan pakaian khas sentuhan daerah. Dan diacara puncaknya diharapkan, kalau untuk wanita mengenakan baju adat.

Baca Juga: Lyla Band Guncang Malam Puncak Wakatobi Wave 2017

Reporter : Nova Ely Surya

Contributor
Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Jelang Wakatobi Wave 2017 Pemda Kenakan Sarung Dan Kampuru

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.