Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar Kendari

Please log in or register to like posts.
News

KENDARIJetliner Tabrak Kantor Syahbandar Kendari. Kecelakaan Laut (Laka Laut) kembali terjadi di wilayah perairan Sulawesi Tenggara (Sultra). Kali ini Laka laut tersebut melibatkan kapal Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) Jetliner.

Berdasarkan pantauan di Tempat Kejadian Musibah (TKM), kapal raksasa tersebut menabrak dermaga Kendari hingga merobohkan kantor Syahbandar Kendari.

Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar Kendari
Ketgam: Kepala Badan Search and Rescue Basarnas (Kansar) Kendari, Djunaidi

Saat ditemui di TKM, Kepala Badan Search and Rescue Basarnas (Kansar) Kendari, Djunaidi mengatakan pihaknya belum mengetahui pasti penyebab laka laut tersebut, namun dugaan sementara telah terjadi kerusakan pada mesin kapal hingha menyebabkan kapal hilang kendali.

“Kalau kronologis yang kami terima sampai sekarang masih kabur, yang jelasnya kapal itu naik di dermaga, naik di tempat yang paling dangkal di tempat dermaga kita yang dulu yang sekarang telah menjadi kantor Syahbandar,” ungkap Djunaidi, Kamis (23/11/2017).

Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar Kendari
Ketgam: Jetliner mendarat di kantor Syahbandar Kendari

“Penyebabnya otomatis mengenai SDM karena itu kita melihat kapalnya sampai naik ke atas, atau mungkin dari faktor alam atau faktor mesin yang mengalami kelainan pada saat dikendalikan, namun semua itu masih dugaan,” lanjutnya.

Lanjut Djunaidi mengatakan, saat kejadian Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar Kendari, di dalam kapal Jetliner dengan rute Wakatobi, Baubau, Raha, dan Kendari tersebut terdapat 181 orang penumpang yang saat ini sedang dalam proses evakuasi.

“Manivest informasi dari kami itu dikasih 181 orang, sekarang kita melaksanakan evakuasi, peralatan yang kami turunkan itu ada 1 (Satu) Rigid Inflatable Boat (RIB), kemudian ada 4 (Empat) sekoci, anggota kami tadi sudah mengevakuasi ada beberapa puluh orang yang sekarang sudah kembali ke tempatnya masing masing,” lanjutnya.

Senada dengan pernyataan Kansar Kendari, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kendari AKBP. Jemi Djunaidi membenarkan kejadian tersebut, pihaknya mengatakan tidak ada korban jiwa dalam Laka laut tersebut.

“Memang telah terjadi laka laut yang mana kapal jetliner tujuan Wakatobi, Baubau, Kaha Kendari telah menabrak salah satu bangunan kantor dermaga lama, dan dalam kejadian tersebut terdapat 181 orang penumpang dan semuanya dalam keadaan selamat,” ungkap AKBP. Jemi.

Lebih lanjut, Kapolres juga mengatakan pihaknya masih akan mendalami kejadian Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar Kendari tersebut untuk mengetahui penyebab Laka Laut tersebut

“Menurut informasi, ini disebabkan karena ada kerusakan mesin namun ini masih dalam pemeriksaan kami dan kami akan melakukan pendalaman,” lanjutnya.

Jetliner Tabrak Kantor Syahbandar Kendari
Ketgam: Proses evakuasi berlangsung

Sementara itu, seorang penumpang, yang berhasil dievakuasi, Desi (28) mengatakan saat kejadian pihaknya sempat mendengar bunyi gesekan yang lumayan keras dari dalam kapal hingga menimbulkan kepanikan di dalam kapal, namun kepanikan penumpang bisa teratasi dengan respon cepat dari para awak kapal

“Iya bunyi tabrakan, lumayan besar, kondisin penumpang panik, tapi tidak sampai berlarian cuma mondar mandir saja di dalam kapal, tapi setelah kejadian, mereka (Awak kapal) segera menghubungi petugas pelabuhan dan mereka sampaikan kepada seluruh penumpang agar tidak panik,” kata Desi.

Untuk diketahui, kondisi kapal naas tersebut saat ini dalam kondisi kandas di dermaga Syahbandar dan saat ini pihak SAR Kendari bersama Polres Kendari masih berupaya melakukan evakiasi terhadap badan kapal maupun penumpang.

Reporter : Er

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?