Kerangka Manusia Era Paleometalik ditemukan Lagi di Subang Larang. – Penggalian yang dilakukan secara berkala itu dilakukan sejak 2013 dimulai dengan adanya penemuan gigi-gigi dari kerangka manusia yang terpisah. Berawal dari tahun 2016 Tim dari Balai Arkeologi Bandung menemukan dua kerangka manusia. Yang diperkirakan sudah berumur kisaran era 45 sebelum Masehi (SM).  Hingga pada tahun 2018 ini tim kembali menemukan tiga kerangka manusia saat mengekskavasi situs Situs Nyi Subang Larang. Lebih tepatnya di Desa Nangerang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kerangka Manusia Era Paleometalik ditemukan Lagi di Subang Larang

Kerangka Manusia Era Paleometalik ditemukan Lagi di Subang Larang
Ketgam: Kerangka manusia yang ditemukan di situs Nyi Subang Larang. | Dikutip dari media aksi.id

Kebenaran dari kabar penemuan kembali kerangka manusia itu dibenarkan oleh ketua tim ekskavasi situs Subang Larang, Lutfi Yondri. Seperti yang terlansir di media bbc.com

“Untuk pertanggalan budaya lima kerangka manusia tersebut, (jika didasarkan pada) data analisis pertanggalan karbon, yang diambil datanya dari sekitar kerangka yang ditemukan pada 2016, (disimpulkan) itu lebih kurang (berasal dari era) 45 SM,” jelas Lutfi Yondri, ketua tim ekskavasi situs Subang Larang, dikutip dari media bbc.com Minggu (22/04).

Ia pun menegaskan kembali tentang penemuannya bersama dengan tim ekskavasi menemukan sebuah senjata berbahan logam. Selain itu juga ada beragam bentuk manik-manik, taring babi, sisa moluska laut, dan fragmen tembikar.

Dari beragamnya bentuk manik-manik itu sendiri yang ditemukan. Setelah tim ekskavasi tersebut menggali dengan kedalaman mencapai 30-40cm dari atas permukaan tanah.

Uniknya penemuan manik-manik tersebut membawa bukti bahwa pada masa prasejarah mereka sudah memiliki hubungan kerjasama dengan daerah luar. Karena diperkirakan Manik-Manik berbahan logam mulia dengan bentuk bulat dan silinder berdiameter sekitar 1,7 mm hingga 4,9 mm digunakan sebagai perhiasan. seperti yang ditegaskan kembali oleh Lutfi Yondri.

“Ini artinya, manik-manik yang beragam tersebut merupakan benda yang berasal dari daerah luar. Dari data ini dapat ditarik simpulan sementara bahwa lokasi (Subang) pada masa prasejarah sudah memiliki hubungan dengan daerah luar,” Dikutip dari bbc.com.

Dengan melihat kondisi rangka manusianya saja yang sudah rapuh tim ekskavasi mengerahkan usaha pelestarian dengan tujuan perlu dilakukan mempertahankan keutuhan kerangka dan penemuan lainnya untuk tindakan pengamatan lebih lanjut.

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Kerangka Manusia Era Paleometalik ditemukan Lagi di Subang Larang

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.