Kronologi KM Fungka Permata V Terbakar di Perairan Pulau Sagu

Please log in or register to like posts.
News
Kronologi KM Fungka Permata V Terbakar di Perairan Pulau Sagu

Kronologi KM Fungka Permata V Terbakar di Perairan Pulau Sagu. – Kabar terkait evakuasi penumpang Kapal Motor (KM) Fungka Permata V oleh TIM Badan SAR Nasional (Basarnas) terus dikerahkan hingga hari ini.

Kronologi KM Fungka Permata V Terbakar di Perairan Pulau Sagu

Kronologi KM Fungka Permata V Terbakar di Perairan Pulau Sagu
Foto Ist

Kronologi singkatnya, atas insiden kebakaran Kapal Motor (KM) Fungka Permata V tersebut terpantau pada titik kordinat 02 0` 41.67″S – 123 22` 37.66″E. Di Perairan Pulau Sagu, Sulawesi Tenggara, Pada Jum’at sore (14/09/2018), sekitar pukul 16.45 WITA. Kabar lainnya, sebelum terjadi kebakaran tersebut Jenis kapal motor (KM) Fungka Permata V. Diketahui sedang membawa sekitar 150-an penumpang termasuk ABK dari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Kapal tersebut tengah menuju Pulau Taliabo, Maluku Utara. Hingga di tengah pelayaran berkisar 4 mil ke arah selatan masuk di wilayah Desa Togong Sagu, Kecamatan Bangkurung, wilayah Banggai Laut berjarak 45-50 mil dengan daratan Kota Banggai. Mesin kapal motor (KM) Fungka Permata V itu tiba-tiba panas yang diakibatkan dari air pendingin tidak berfungsi dengan baik hingga akhirnya terbakar.

Kondisi terakhir dari insiden terbakar hingga tenggelamnya jenis kapal motor (KM) Fungka Permata V. Menurut informasi Aksar Amir, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Evakuasi 126 korban dinyatakan selamat, dan 10 orang korban terbakar dan tenggelamnya kapal motor (KM) Fungka Permata V dikabarkan meninggal dunia. Untuk 126 orang yang selamat itu diantaranya terdata 11 anak buah kapal (ABK) KM Fungka Permata V bersama dengan nahkodanya bernama, Andi Sulistiyono yang kini tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut terkait insiden tersebut di Polsek Banggai. Sedangkan 10 korban meninggal dunia diantaranya terdapat dua balita dan lainnya masih dalam proses pencarian lebih lanjut.

Sementara pantauan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Aksar Amir. Memastikan bahwa penumpang yang menjadi korban insiden terbakarnya KM Fungka Permata V tidak ada dari warga Banggai Laut.

Sebab semua penumpang yang berangkat dari Baubau, Sultra, itu tidak ada yang akan turun di Banggai. Kapal hanya akan transit di Banggai untuk keperluan logistik kemudian melanjutkan pelayaran ke Taliabu, Maluku Utara,” ujar Aksar. Terlansir dari tirto.id

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?