Manfaat Mengkonsumsi Daun Bawang. – Diketahui bahwa daun bawang tergolong didalam jenis sayuran yang berserat. Sama halnya seperti bawang putih, bawang merah dan bawang lainnya. Perbedaannya secara fisik bentuk selubung hijau yang panjang berukuran tebal. Jenis sayuran ini pun tumbuh berkisaran antara 12 hingga 30 inci. Dengan tinggi 9 hingga 12 inci dan lebar memiliki diameter hingga 1 sampai 2 inci.

Daun Bawang sering dianggap sebagai sayuran berakar dari bentuknya meski disebut juga sebagai salah satu anggota bawang. Dalam keseharian kita memasak tentunya akan bertemu dengan olahan yang menggunakan daun bawang. Baik itu dalam membuat semur, tumis, sop kaldu, telur dadar, dan jenis masakan lainnya. Dengan demikian banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsi nya dalam masakan anda. Seperti halnya beberapa kandungan didalamnya yang dapat dimanfaatkan dari daun bawang dibawah ini.

Manfaat Mengkonsumsi Daun Bawang

Manfaat Mengkonsumsi Daun Bawang
ilustrasi

Sumber vitamin dan kaya akan mineral terdapat didalam daun bawang. Diantaranya Vitamin A dapat membantu jaringan mata untuk bekerja mendeteksi cahaya dan warna dengan baik. Tidak hanya itu ia pun dapat membentuk kembali sel darah putih agar bekerja dengan baik dalam hal memerangi infeksi dalam jaringan sel. Kemudian ada Vitamin K untuk melancarkan darah dan memenuhi asupan pembentukan tulang. Lalu Kandungan Lutein dan Zeaxanthin juga dapat membantu mata dalam perlindungan / menyaring cahaya berbahaya yang masuk. Jika anda ingin coba manfaatnya dengan mengkonsumsi sehari-hari. Anda pun dapat menanam sendiri untuk mendapatkan kadar vitamin dan kandungan yang maksimal di dalam daun bawang dan mendapatkan Manfaat Mengkonsumsi Daun Bawang. Seperti tips dibawah ini.

Menanam

Cara menanam daun bawang baiknya apabila langsung ditaburkan sebagai transplantasi. Jika Anda tinggal di suasana iklim yang dingin, maka anda dapat memulainya dengan menanam benih daun bawang di dalam ruangan. Dengan jarak waktu, delapan sampai 12 minggu sebelum musim semi es berakhir. Usahakan beri mereka banyak cahaya. Ketika suhu di luar ruangan tetap di atas 40 derajat F, Anda dapat mengeraskan tanaman secara perlahan selama tujuh periode atau 14 hari dan kemudian memindahkannya di kebun Anda.

Jika didalam ruangan anda yang lebih hangat, Anda dapat menanam benih di dalam ruangan tiga sampai empat minggu sebelum musim semi es terakhir dan kemudian memindahkan bibit Anda di luar ruangan untuk panen musim panas. Pilihan lain adalah menabur benih langsung di kebun anda sendiri pada akhir musim panas untuk menghadapi musim dingin melalui panen awal musim semi.

Tanah

Meskipun biasanya tanah yang dibutuhkan daun bawang untuk tumbuh ialah jenis tanah yang agak basah, namun daun bawang pun tumbuh subur di tanah yang sedikit asam dengan pH 6,0-8,8. Untuk mendorong pertumbuhan daunnya yang panjang, memerlukan pula tanah yang gembur dan kaya dengan banyak bahan organik. Jika perlu, anda dapat menambahkan pupuk yang seimbang selama proses transplantasi.

Jarak

Karena daun bawang tumbuh di arah yang sama, Anda dapat mengatur transplantasi (tempat penanamannya) dengan jarak sedekat 2 sampai 6 inci selama itu anda memungkinkan ruangan untuk tumbuhnya daun bercabang dan ruang di antara barisan tanaman daun bawang lainnya.

Matahari

Daun bawang tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh.

Hama dan masalah

Untuk menghadapi masalah hama, waspadalah terhadap belatung bawang, dan siput, yang mungkin menggigit daun dan pertumbuhan menjadi rusak hingga membusuk pada daun atau daun menguning dan menjadi masalah lainnya jika dalam kasus cuaca yang terlalu basah, tanah terlalu basah atau sirkulasi udara yang buruk, jadi pastikan untuk membiarkan tanah kering dan memberikan air yang cukup.

air

Sediakan sekitar 1 inci air setiap minggu. Jika perlu, Anda dapat membasahi tanaman untuk membantu menahan air.

Pupuk

Meskipun daun bawang tidak membutuhkan pupuk dengan volume besar, sebab dikhawatirkan segi kematangannya yang sangat lama, Anda hanya perlu menempatkan pupuk disampingnya dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk midseason yang memiliki nitrogen tinggi. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan pupuk emulsi ikan sesekali selama musim pertumbuhan untuk menjaga daun bawang Anda tumbuh kuat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Manfaat Mengkonsumsi Daun Bawang

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.