JAKARTA – Mendikbud Minta Maaf Terkait Sulitnya Soal UNBK SMA. Setelah para siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) mengeluh di jejaringan sosial karena terlalu sulitnya soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memaparkan permohonan maafnya terkait hal tersebut.

Mendikbud Minta Maaf Terkait Sulitnya Soal UNBK SMA

Mendikbud Minta Maaf Terkait Sulitnya Soal UNBK SMA
Ketgam: menteri pendidikan dan kebudayaan muhadjir effendy | Dikutip dati batasnegeri.com

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Memaparkan permohonan maafnya ke publik terkait sulitnya soal ujian yang dihadapi oleh anak-anak tingkat SMA. Utamanya adalah soal matematika dan soal lainnya yang di ujikan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut.

Alasan kuat yang dipaparkan yakni kesulitan soal yang akan dihadapi saat ujian nasional sewaktu-waktu disusun semakin sulit. Sebab untuk meningkatkan kemampuan dan mengejar ketinggalan kompetensi anak didiknya di Indonesia. Seperti yang terlansir di media tribunnews

“Saya minta maaf kalau ada beberapa kalangan yang merasa mengalami kesulitan, yang sulit, yang tidak bisa ditoleransi, dengan ini dan saya janji bahwa akan kita benahi, tetapi mohon maklum bahwa ujian nasional kita dari waktu-waktu harus semakin sulit untuk mengejar ketertinggalan kita,” Dikutip dari media tribunnews.com, Jumat (13/4).

Pengakuan Muhadjir itu pula berdasarkan keputusan pemerintahan yang menerapkan High Order Thinking Skills (HOTS). Dengan kata lain siswa dapat terdorong untuk mengembangkan pembentukan karakter siswa/i dalam hal berfikir kritis.

Meski demikian, penerapan tersebut tidaklah mudah untuk diterima oleh semua siswa/i. Khususnya kemampuan seorang guru dengan standar nasional yang berada di daerah-daerah. Minim akan SDMnya sehingga dibutuhkan adanya pembenahan semua itu.

“Jika masih ada ceruk-ceruk tertentu atau wilayah tertentu yang merasa kesulitan yang tidak bisa ditoleransi lagi nanti kami evaluasi scara menyeluruh,” Dikutip dari kompas.com.

Selain persoalan kesulitan soal UNBK yang ia paparkan dalam permohonan maafnya. Secara tegas Muhadjir sendiri mengatakan juga UNBK yang berlangsung selama 4 hari berjalan dengan lancar adapun kendala yang terlapor masuk dari beberapa sekolah-sekolah yakni ialah pertama itu masalah listrik, yang kedua masalah jaringan.  Namun, hal tersebut dapat terkendalikan dengan baik.

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Mendikbud Minta Maaf Terkait Sulitnya Soal UNBK SMA

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.