Mengapa Umat Muslim Wajib Berzakat

Please log in or register to like posts.
News
Mengapa Umat Muslim Wajib Berzakat

Mengapa Umat Muslim Wajib Berzakat – Kewajiban yang kita kenali sebagai “Zakat” adalah salah satu rukun islam yang ke-empat. Secara umumnya zakat dikenal sebagai satu fungsi menjaga kesolideritasan sosial diantara umat. Di dalam Al-Quran sudah dijelaskan pada surah Al Baqarah ayat 43 Allah berfirman. “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku.”

Mengapa Umat Muslim Wajib Berzakat

Mengapa Umat Muslim Wajib Berzakat
Foto Ist. | Kutipan dari gambar makassar.tribunnews.com

Biasanya tiap tahun mendekati Hari raya rutinitas sebagian umat muslim mengagendakan mudik. Namun satu hal bagi umat muslim yang tak boleh terlewatkan, yaitu kewajiban membayar Zakat Fitrah. Sebab zakat fitrah hukumnya wajib bagi. Mengapa hukumnya wajib?.

Zakat merupakan sebagian harta yang wajib kita keluarkan dari kekayaan orang-orang kaya untuk disampaikan kepada orang yang berhak menerimanya dengan aturan-aturan yang telah ditentukan dalam syariat.

Pada dasarnya, zakat fitrah diwajibkan atas kaum muslimin sebelum berakhirnya bulan Ramadan. Sebagai aktivitas untuk mensucikan diri serta membersihkan harta yang dimiliki karena Allah semata. Seperti halnya yang diriwayatkan Rasulullah SAW sebagai utusan Allah SWT mewajibkan kaum muslimin. Pada zaman beliau untuk membayar zakat fitrah dengan ukuran satu sha (kurang lebih 2,5 kg) kurma atau satu sha gandum.

“Abdullah bin Umar RA meriwayatkan bahwasannya. “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah di bulan Ramadan dengan satu sha tamar (kurma), atau satu sha Sya’ir (gandum). Kepada kaum muslimin, orang yang merdeka dan budak, laki-laki dan perempuan, anak-anak dan orang dewasa” (HR. Jamaah).

Jadi sudah jelas bahwa zakat fitrah tentu diwajibkan sebab, tidak menutup kemungkinan. Seluruh kaum muslimin, kaya,miskin, anak-anak, dewasa, laki-laki atau pun perempuan. Dapat merasakan kebahagiaan bersama di Hari Kemenangan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba. Hal tersebut guna mewujudkan bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk menyediakan makanan. Maka setidaknya, kebaikan kita tersebut dapat bermanfaat sebagai penyedia makanan pokok bagi anggota keluarganya. Ketika hari kemenangan tiba, setelah melaksanakan ibadah puasa, di bulan Ramadan yang istimewa tersebut.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?