Mengenal Khasiat Masker Pegagan

Please log in or register to like posts.
News
Mengenal Khasiat Masker Pegagan

Mengenal Khasiat Masker Pegagan – Banyak cara yang sering dilakukan kaum hawa untuk meningkatkan kesehatan kulitnya baik secara keseluruhan secara rutin. Jenis kulit yang berbeda-beda tentunya membutuhkan perawatan yang intensif tiap harinya utamanya pada wajah. Perawatan wajah bagi seorang wanita sangat sensitif jika merawatnya dengan asal-asalan. Biasanya mereka rutin mengkonsumsi makanan sehat hingga memilih skincare yang tepat.

Salah satu Skincare yang tepat dan bisa anda mencobanya dengan rutin setiap hari adalah pegagan. Indonesia yang memiliki iklim tropis ini Untuk tumbuhan yang satu ini tentunya sangat mudah menemukan tumbuhan pegagan. Tumbuhan yang sering dikategorikan sebagai rumput liar ini mampu ditumbuhkan dimana saja.

Mengenal Khasiat Masker Pegagan
Daun Pegagan

Mengenal Khasiat Masker Pegagan

Siapa yang sangka tumbuhan yang dianggap liar dan merugikan tanaman ini. Ternyata dapat dimanfaatkan oleh manusia sebagai kesehatan bagi tubuh serta wajah.

Sebagian daerah memiliki sebutan nama daun pegagan dengan istilah daun kaki kuda (Indonesia), pegaga (Ujung Pandang). Ada pula dari daerah lainnya menyebutnya antanan gede, antanan rambat, antanan (Sunda), dau tungke (Bugis). Sedangkan di daerah jawa menyebutnya dengan gagan-gagan, kerak batok rendeng (Jawa), kemudian kosteosan, gan gagan (Madura). Lalu kori-kori (Halmahera), taidah (Bali), dogauke (Papua), pegaga (Aceh), pegago (Minang), sarowati (Maluku), Belele (Sasak), dan wisu-wisu (Sulawesi).

Pegagan dengan nama latin Centella asiatica L Urb. Telah lama diakui oleh para medis dan juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Baik dalam bentuk bahan segar, kering, maupun yang sudah dalam bentuk ramuan (jamu). Dengan kata lain daun pegagan sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang diperbolehkan mengkonsumsinya.

Untuk khasiat dari tanaman herbal daun pegagan ini sendiri yakni. Sebagai obat antiinfeksi, antitoksik, penurun panas, peluruh kemih, penenang dan tonik. Tanaman ini digunakan sebagai obat tradisional mengobati deman, bronkhitis, flek paru, asma, batuk darah. Ada pula manfaat lainnya sebagai meningkatkan daya ingat, pembengkaan liver, hipertensi, asam urat tinggi. Serta infeksi saluran kemih, prostat, wasir, jerawat, campak, dan lepra.

Tanaman ini memiliki efek antiinflamasi, antibiotik, antidemam, antidiuretik, dan leratolitik. Bahkan kemampuan antibiotik dan antiinflamasinya tergolong cukup tinggi hingga berguna pula sebagai antibakteri. Tak heran jika pegagan efektif mengatasi peradangan jaringan tubuh. Mulai dari luka, lepra, radang tenggorok, radang lambung, hingga disentri. Karena khasiatnya sebagai antiinflamasi pula sehingga ia mulai dilirik sebagai bahan baku salep untuk mengobati luka, seperti salep Medicazol. Bahkan salep ini kini sangat akrab dikenal para dokter bedah diberbagai rumah sakit.

Bagi anda yang berani mencobanya, yakni tanaman herbal ini sudah banyak dikemas kemas dalam kemasan olahan daun kering yang siap untuk diminum.

Untuk yang menggunakan masker wajah dengan daun pegagan secara alami. Dapat anda rasakan Mengenal Khasiat Masker Pegagan dan beginilah cara pengolahannya :

Mengenal Khasiat Masker Pegagan

  1. Mencegah penuaan dini
    dengan membuat masker daun pegagan dapat mencegah penuan dini. Daun pegagan memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
    bahan membuat masker daun pegagan :
  • 10-15 lembar pucuk daun pegagan segar
  • 1sdm minyak zaitun
  • 1sdm madu
  • Tepung beras
  • 1 butir putih telur

cara : blender/hancurkan 10-15 lembar pucuk daun pegagan lalu tuangkan ke mangkok dan campur dengan 1sdm minyak zaitu, 1sdm madu, 1butir putih telur hingga menjadi adonan kemudian tambahkan tepung beras ketan hingga mendapatkan adonan yang pas untuk masker wajah. Masker daun pegagan seiap digunakan.

  1. Memutihkan wajah
    daun pegagan kaya akan asam askrobat yang berfungsi sebagai pembentuk kolagen yang baik untuk memutihkan wajah dengan cepat.
    bahan :
  • 7 lembar daun pegagan segar
  • 2sdm minyak zaitun
  • 1sdm madu murni
  • Tepung beras

Caranya : haluskan 7 lembar daun pegagan kemudian campurkan 1sdm madu dan 2sdm minyak zaitun aduk hingga merata lalu campurkan tepung beras ketan dan tambah air secukupnya hingga menjadi adonan yang pas buat masker daun pegagan.

  1. Menghilangkan flek hitam di wajah
    kandungan vitamin c dan senyawa antioksidan di dalam daun pegagan bermanfaat untuk kecantikan dan menghilangkan flek hitam
    bahan :
  • 5-8 lembar daun pegagan segar
  • 2sdm minyak zaitun
  • 1sdm madu
  • 1sdm minyak bunga mawar
  • Lidah buaya
  • Jeruk nipis
  • Kuit jeruk
  • 1btr putih telur

Caranya :  blender daun pegagan, lidah buaya dan kulit jeruk menjadi satu, setelah halus campurkan putih telur, minyak zaitun, minyak bunga mawar, dan perasan jeruk nipis aduk hingga tercampur semuanya dan obat penghilang flek hitam wajah sudah siap dipakai.

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?