Ruangmedia.comMengenal Sayur Pakcoy. Salah satu jenis sayuran hijau ini tak hanya bentuknya yang unik namun juga kaya akan manfaat. Tanaman pakcoy, kini dapat anda miliki dengan berbagai sistem penanaman yang sederhana. Namun untuk penjelasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang Tanaman Pakcoy.

Mengenal Sayur Pakcoy

"<yoastmark

Pakcoy atau sering disebut juga dengan bok choy merupakan sayuran hijau asal Tiongkok yang cukup populer juga di Indonesia. Umumnya, sebagian orang mengenal sayuran pakcoy tersebut ditanam melalui media hydroponic system.

Sayur Pakcoy Hidroponik

Meski banyak juga yang membudidayakannya berupa campuran tanah,arang sekam dan pupuk kompos didalam media polybag. Namun kita tidak bisa lepas dari mindset seseorang dengan tanaman pakcoy menggunakan media hidroponik. Meski demikian media apapun, pakcoy tetaplah sama yakni tak hanya rasanya yang enak dan kaya akan vitamin, namun juga bentuknya yang unik.

Bagi sebagian orang yang baru pertama kali melihat pakcoy, tentu akan melihat bahwa jenis tanaman ini serupa dengan sawi hijau. Serupa namun tak sama, begitulah orang menyebutnya. Pakcoy / Bok Choy memiliki bentuk daun yang unik menyerupai sendok, batangnya yang bulat dan ukurannya yang relative pendek. Tak heran sebagian masyarakat menyebutnya dengan sawi sendok.

Perbedaan Sawi Hijau Biasa Dengan Pakcoy

Pakcoy sawi hijau meski dibilang serupa namun tak sama, tetapi ciri-ciri pakcoy seperti yang telah disebutkan diatas. Sayur sawi hijau biasa atau sering dikenal dengan Caisim jelas dapat dibedakan dengan pakcoy utamanya dari takai dan daunnya. Sawi hijau biasa (Caisim) memiliki daun yang lebar memanjang dan tipis meski sama-sama berwarna hijau. Sedangkan tangkai daunnya pun terlihat panjang, langsing, dan berwarna putih kehijauan.

Pakcoy Hijau dan Pakcoy Merah

Mengkonsumsi sayur pakcoy menjadi alternatif tepat untuk menjaga kondisi imunitas tubuh, umumnya masih di masa-masa Pandemi COVID-19. Tidak hanya pakcoy hijau yang umumnya dapat kita olah menjadi bahan makanan. Namun juga jenis pakcoy merah / Red Choi tidak kalah enaknya dikonsumsi. Ciri-ciri tanaman pakcoy merah tidak beda jauh dengan pakcoy hijau. Hanya bentuk daunnya yang merah mengkilap dan tekstur daun yang lembut serta batangnya berwarna hijau muda. Manfaatnya pun beragam mulai dari menyimpan banyak nutrisi hingga rendah kalori.

Manfaat Sayur Pakcoy

Jelas adanya kandungan zat hijau daun yang berada pada sayuran pakcoy mengandung vitamin C, E, dan beta karoten serta folat. Yang memiliki antioksidan tinggi guna mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat radikal bebas. Kandungan selenium yang didapatkan dari pakcoy juga dapat membersihkan tubuh dari peradangan tumor dan penyebab kangker.

Tak hanya mencegah kangker, pakcoy juga kaya akan nutrisi dan zat mineral yang menjaga kesehatan tulang. Yakni zat besi, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin K. Tak hanya itu saja, seperti halnya laporan yang didapat dari The American Journal of CLINICAL NUTRITION. Tentang betapa pentingnya mengkonsumsi jenis sayuran yang mengandung kalium tertinggi dengan pencapaian hingga 4.700 miligram per hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Lalu bagaimana dengan menjaga berat badan?, berikut penjelasannya;

Sayur Pakcoy Untuk Diet

Berbicara tentang kandungan gizi yang dimiliki dalam pakcoy, tentu tidak akan lepas dari cara anda mengolahnya. Pastikan cara anda memasak baik itu dengan dikukus,ditumis,direbus,hingga dipanggang sekalipun dengan metode memasak yang sehat. Metode memasak pakcoy yang baik yakni;

Proses perebusan pakcoy usahakan anda menunggu air panasnya sampai mendidih dahulu kemudian barulah dapat memasukkan pakcoy ke dalamnya. Jika ingin melakukan pemanggangan pakcoy di dalam oven maupun diatas kompor. Usahakan memilih minyak yang sehat dan tidak menggunakan minyak bekas pakai, direkomendasikan menambahkan minyak zaitun / kanola terlebih dahulu. Penggunaan minyak pada pengolahan sayur pakcoy pun dapat anda gunakan dalam tumisan dengan porsi minyak yang sedikit. Untuk pengukusan pakcoy pun tidak boleh terlalu lama, cukup dengan waktu enam menit saja sebelum siap dimakan.

Dengan cara masak pakcoy yang baik, tak hanya menjaga kesehatan yang bisa anda dapatkan. Kini program diet pun dapat anda lakukan dengan cara mengkonsumsi pakcoy. Sangat dianjurkan jika setiap hari anda mengolah 70gram pakcoy yang sudah di blender menjadi aneka jus yang enak. Untuk resep jus pakcoy itu sendiri juga dapat anda temukan di laman google. berikut ini salah satu menu diet berbahan pakcoy yang direkomendasikan dari cookpad.com.

Jus Pakcoy Rasa Alpukat
by Wina Kartika
Mengenal Sayur Pakcoy
IMG by cookpad.com

Bahan-Bahan

3 lembar daun pakcoy
100 gr tape singkong
200 ml air minum
3 sdm krimer kental manis putih

Langkah

  1. Cuci bersih pakcoy potong batangnya, lalu satukan semua bahan
  2. Blender sampai halus. Tuangi dinding gelas dengan krimer coklat, lalu tuang jus ke dalam gelas tersebut tambahkan es batu atau masukkan dulu ke dalam kulkas, diminum dingin lebih nikmat

 

Untuk mendapatkan bahan utamanya, anda dapat memesan langsung via whatsapp atau langsung direct message instagram.

Pesan antar untuk area kendari Pakcoy Hijau hanya di @gohydro_kendari

Sayur segar, siap antar sampai rumah dan free ongkir.

Summary
Review Date
Reviewed Item
rekomendasi
Author Rating
51star1star1star1star1star