Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo

Please log in or register to like posts.
News

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo – Solo atau sala yang disebut juga dengan Kota Surakarta. Merupakan destinasi pilihan terbaik untuk menikmati kaya akan pesona tradisionalnya. Berwisata ke Kota Surakarta tak lengkap jika anda tidak membeli Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo yang dapat dibawa pulang.

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo

Berikut dibawah ini beberapa referensi oleh-oleh yang bisa kamu jajaki ketika berkunjung ke Solo.

Kerajinan tangan Khas Solo

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(Sumber foto: @soloframe)

Solo sangat terkenal dengan kreatifitas kerajinan tangannya. Banyak warganya yang membuktikan dari sebuah barang yang tak terpakai lagi, menjadi ciptaan sebuah karya yang dapat menguntungkan.

Salah satu kerajinan hasil tangan kreatif ialah miniatur hewan yang berbahan baku langka dari akar wangi. Faktanya, akar wangi biasa digunakan sebagai pengharum lemari atau benda pusaka. Dan Miniatur ini sangat cocok untuk dikemas sebagai oleh-oleh tradisional. Banyak pengrajin asal Gunung Kidul Wonogiri yang menjualkan hasil karyanya tersebut di Kota Solo. Sangat tak sulit untuk menemukannya. Sampai saat ini banyak wisatawan lokal maupun internasional yang sedang berada di area Keraton Surakarta dengan berburu kerajinan tangan tersebut.

Batik Khas Solo

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(Sumber foto: @solobatikcom)

Berbicara tentang batik solo tentu yang tertarik dalam fikiran kita ialah fashionable. Saat ini Batik khas solo sudah banyak yang di desain dengan gaya sedemikian moderen. Walaupun sudah banyak pilihan warna serta gaya yang modis namun tidak merusak jenis bahan dan ukiran di atas kain. Sehingga itulah yang membuat kelebihan tradisional dari kerennya Batik Solo tersebut.

Batik khas solo sangat cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Penjualan batik solo kini semakin banyak di incar wisatawan dan diperluas lagi jaringannya melalui internet.

Toko Solo Prabu Cake

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(sumber foto: @soloprabu)

Solo Prabu Cake Merupakan toko oleh-oleh yang paling banyak di minati wisatawan saat berkunjung di kota Solo. Disana menyediakan aneka cake yang manis-manis, bentuknya pun kekinian. Banyak variasi rasa khas solo diantaranya Gareng Black Velvet, Semar Keju, Petruk Tiramisu, Nakula chocolate, Sadewa Taro, dll. Kalo yang terlihat pada gambar namanya cake Bagong choban alias Choco Banana. Paduan rasa cake ini ialah kelembutan cake cokelat diisi dengan cream banana. Serta di balut dengan crunchy cracker crumb dan topping coklat serut.

Cake yang dibuat di solo prabu tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga tahan diluar kulkas selama 4 hari. Untuk mendapatkan semua jenis cake berukuran besar ini anda hanya mengeluarkan biaya seharga Rp. 45.000 hingga Rp.55.000 saja. Untuk pesan antar atau datang ke lokasi pun anda siap di layani. Alamat Toko Solo Prabu Cake berada di Ruko Honggowongso Square A3 depan pasar Kembang Solo.

Baca Juga : Menu tradisional terbaik di Kota Surabaya

Toko Solo Pluffy

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(sumber foto: @solopluffy)

Satu lagi toko cake yang menggambarkan cita rasa khas tradisional kota kebudayaan namun bergaya moderen yaitu toko Solo Pluffy cake. Lokasinya tepat di Jl. Ronggowarsito No.145, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Disana menyediakan sajian rasa lembut pada cake. Dengan variasi bentuk dan rasa seperti Original, Cheese, Choco Cornflakes, Choco Chruncy, Blueberry.

Tetapi ada satu variasi berbeda dari cake pluffy lainnya yaitu Greentea Cornflakes. Rasa yang satu ini memberikan kesan yang unik di lidah saat pertama mencicipinya namun bikin kamu ketagihan mencobanya. Paduan antara olahan bubuk halus teh hijau dengan paduan jenis sereal yang terbuat dari bahan jagung sebagai topping. Sehingga rasa yang tercipta menimbulkan rasa manis dan gurih juga mengenyangkan.

Jika kamu penasaran dengan rasanya langsung saja datang ke lokasi tersebut. Harganya variatif dari mulai Rp. 48.000 hingga Rp. 58.000. Cocok untuk dinikmati langsung bersama keluarga maupun dijadikan oleh oleh khas tradisional yang kekinian.

Minuman Tradisional bernama Serbat

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(sumber foto: @serbatjangkrikmas.id)

Kali ini referensi bagus untuk jenis minuman berkhasiat dan menyehatkan ialah Serbat.

Serbat merupakan jenis minuman tradisional mirip jamu-jamuan yakni tercampur dari beberapa bahan alami seperti jahe. Bagi kamu para pecinta jamu merasakan pahit saat diminum, namun yang ini agak berbeda memiliki rasa pedas dari jahe. Dan aroma wangi yang ditimbulkan dari minuman ini pun sangat menyegarkan badan.

Minuman tradisional bernama serbat ini cocok untuk kamu konsumsi sehari-hari, berkemasan tanpa bahan pengawet. Salah satu oleh-oleh recomend banget buat wisatawan yang berkunjung ke solo.

Ampyang Solo

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(Sumber foto: @empatdaraoleh2solo)

Satu lagi Oleh-oleh yang pas untuk kamu bawa pulang yaitu Ampyang. Nah, Ini nih merupakan cemilan favorit nusantara. Kebanyakan yang kita temui Ampyang di pulau jawa ini memiliki rasa manis saja dari gula merahnya itu sendiri. Namun ternyata yang membedakan Ampyang solo adalah memiliki rasa pedas jahenya.

Tak heran jika kita mencicipi cemilan manis pun akan merasakan wangi khas jahe, Karena Solo khas dengan rempah rempahnya. Ampyang yang memiliki khas kota solo berada di Jl.Ahmad yani No. 1 Gilingan, Banjarsari, surakarta. Empat dara Oleh2 Solo merupakan tempat usaha kue cemilan yang dibuat sendiri tanpa bahan pengawet dengan cita rasa khas solo. Disana bukan hanya menyediakan ampyang saja namun ada banyak varian cemilan yang bisa kamu bawa pulang.

Abon Sapi Khas solo

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(Sumber foto: @egamasura)

Abon sapi solo merupakan Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo. Salah satu tempat yang menjual sajian abon  sapi dengan cita rasa khas kota solo yaitu abon sapi merek mesran solo. Penjualan abon sapi ini sudah sangat terkenal di kota solo. Banyak wisatawan saat berkuliner dengan memilih merek abon sapi berlebel mesran solo ini sebagai oleh-oleh yang tak bisa dilewatkan. Kelebihan dari rasa abon mesran solo ini yaitu terbuat dari olahan daging sapi premium dan bumbu rempah khas tradisional. Pilihan rasa pun ada yang pedas dan manis.

Hingga saat ini masyarakat menyukai rasa dan aroma yang disajikan dari Abon sapi mesran solo. Dinikmati dengan roti pun rasanya gurih sekali. Penjualannya pun lokasinya strategis di kota Surakarta.  Alamatnya di ln.kalilarangan no.71 belakang masjid fatimah, Jayengan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jadi anda tak perlu khawatir tidak mendapatkan abon sapi mesran solo. Dan dikemas dengan sangat rapih. Sehingga cocok untuk dibawa perjalanan jauh sebagai oleh-oleh keluarga.

Roti mandarijn Orion

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(Sumber foto: @foodntravel_explorer)

Satu lagi Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo yang tak boleh ketinggalan ialah Roti mandarijn Orion. Merupakan roti lapis yang beraroma jeruk mandarijin, rasanya lembut dan dilidah terasa nyess. Untuk variasi memiliki rasa original dengan lapisan nanas, spesial, dan taburan kismis. Lokasi toko ini berada di Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57111.

Intip Khas Solo

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(Sumber foto: @janurkuningpariwisata)

Intip merupakan salah satu cemilan yang bisa kamu jadikan sebagai Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo. Hanya saja saat ini sangat sulit untuk mendapatkan Intip yang asli. Sebab khas solo dari Intip ini sendiri ialah berbahan baku nasi liwet. Suatu keberuntungan apabila anda berwisata di Kota Solo dengan menemukan Intip yang asli untuk dibawa pulang. Rasa Gurih yang tercipta merupakan olahan dasar dari Kerak Nasi Liwetnya sendiri yang dijemur di terik matahari terdahulu lalu digoreng.

Srabi yang terkenal Notosuman solo

Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo
(Sumber foto: dhidien_diana)

Terakhir Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo yang wajib kamu bawa pulang yaitu Srabi Notosuman Ny. Handayani khas solo. Srabi merupakan oleh-oleh pilihan terbanyak wisatawan lokal. Cita rasa yang di berikan tidak berubah sejak tahun 1923. Recomend banget buat kamu yang ingin mengemasnya. Lokasi tempat ini berada di alamat Jl. Mr. Moh. Yamin No.51, Kratonan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Jadi, itulah beberapa jenis Oleh-oleh Tradisional Khas di Kota Solo yang cocok buat kamu jadikan referensi saat berwisata di sana.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?