Pembukaan Debat Cagub dan Cawagub Putaran Kedua Sultra 2018 – Debat pada putaran kedua yang diadakan malam ini di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra yang juga live disiarkan langsung oleh stasiun Televisi Nasional (TVRI), yang dimulai Pukul 19.30 Wita, Minggu (6/5/2018). Pada hari ini telah didatangkan para Pasangan Calon (Paslon) yakni Calon Gubernur (Cagub) dan Calon wakil Gubernur (Cawagub) Sulawesi tenggara (Sultra) Tahun 2018. Diantaranya yaitu Paslon Nomor Urut Satu Alimazi-Lukman Abunawas, Paslon Nomor Urut dua Hugua yang kembali datang sendiri, dan terakhir pasangan calon nomor urut tiga Rusda-Sjafei Kahar.

Pembukaan Debat Cagub dan Cawagub Putaran Kedua Sultra 2018

Pembukaan Debat Cagub dan Cawagub Putaran Kedua Sultra 2018
Ketgam Tiga pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sultra, nomor urut 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas (kiri), cawagub nomor urut 2, Ir. Hugua (tengah), paslon nomor urut 3, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar (kiri) | Dikutip dari media antara foto

Dalam debat Cagub dan Cawagub pada putaran kedua malam ini merupakan debat akhir dari penentu yang nantinya para pemilih dapat mempersiapkan sikap pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Melalui pembukaan yang dipandu hingga akhir acara oleh moderator Tina Talisa. Seperti yang ia paparkan rangkuman materi yakni ada empat tema yang harus dipaparkan dengan jelas dalam waktu 3 menit pada Debat publik Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) provinsi Sulawesi Tenggara 2018.

“Sebelum kita mengikuti seluruh rangkaian debat pada malam ini dengan tema perekonomian, kependudukan, penataan kawasan, dan penegakan hukum” Jelasnya.

Tidak hanya itu saja pada Pembukaan Debat Cagub dan Cawagub Putaran kedua Sultra 2018. Dihadirkan pula sambutan dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara , Hidayatullah, SH.

Debat Putaran kedua malam ini para pasangan calon (paslon) cagub dan cawagub Sultra 2018 mengawali pembukaannya dengan pemaparan Visi Misi dan Program kerja terkait dengan mendalami hasil kampanye yang sudah dilewati para paslon cagub dan cawagub selama 80 hari sebelumnya.

Diawali dengan pemaparan pasangan calon nomor urut satu Alimazi dan Lukman Abunawas. Yakni seperti yang ditegaskan oleh Calon wakil Gubernur (Cawagub), lukman Abunawas yakni terfokus pada visi dan misi yang didukung dengan GARBARATAH Menuju Sultra Emas.

“Visi yang kami angkat adalah terkait bagaimana membangun sulawesi tenggara antara budaya kepulauan dan daratan”, Terang Cawagub,lukman Abunawas dalam pemaparannya.

“Berangkat dari sumber daya alam dan sumber daya manusia kami memilih visi dari pasangan AMAN (Alimazi) dan Lukman Abunawas adalah GARBARATAH menuju sultra emas, Garbaratah artinya Gerakan Ekselarasi membangun antara kawasan daratan dan lautan”, Jelasnya

“Misi bagaimana meningkatkan di bidang pendidikan, meningkatkan derajat masyarakat, meningkatkan peran pemerintah. Untuk mengurangi angka pengangguran kemudian kita mantabkan peradaban budaya di sulawesi tenggara dan bagaimana pembinaan keagamaan, Terangnya

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan program kerja dan visi misi kepada pasangan Nomor Urut dua Asrun-Hugua yang hingga akhir acara dijelaskan oleh Hugua sendiri di depan. Pada penjelasan awal dimulai dengan pemaparan terkait terwujudnya sultra emas yang madani dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Sebab ia meyakini bahwa Sultra Emas ini mempunyai tiga makna, pertama bahwa terciptanya manusia yang mempunyai cara berfikir, otak yang cerdas. Kedua manusia yang mempunyai kesehatan mental, fisik yang baik.

“Maka visi misi adalah terwujudnya masyarakat yang madani menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, mengejar pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mempunyai sifat prakarsa, swasembada, dan kemandirian dalam segala aspek pembangunan. Dan mempreriotaskan nilai-nilai berlandaskan kepada agama nilai-nilai moral dan nilai-nilai hukum”, Tegas Ir Asrun.

Dan pembukaan terakhir yang ditutup oleh Pasangan Calon Nomor Urut tiga yakni Rusda Mahmud dan Ir. H. Laode Muhammad Sjafei Kahar. Pemaparan visi misi dan program kerja dibuka oleh Rusda Mahmud sendiri yang dengan baik memanfaatkan waktu 3 menit. Yang diberikan oleh moderator terkait penegasannya dengan singkat dan padat tentang strategi 212. Yang nantinya jika pasangan Rusda-Sjafei Kahar di redhoi untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur. Maka strategi tersebut akan mereka kembangkan menuju Sultra Cepat yang lebih baik kedepannya.

“Kami menemukan banyak permasalahan sehingga kami merumuskan dengan calon wakil saya suatu Program yang dikatakan strategi 212”, Terang Rusdah Mahmud

“Dua tahun pertama akan fokus membangun infrastruktur, Kemudian satu tahun ditengah-tengah atau tahun ketiga namanya tahun edukasi. Kemudian dua tahun terakhir jika masyarakat mempunyai skill maka pemerintah mengadakan dampingan dan pemberdayaan”, Tegasnya

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Pembukaan Debat Cagub dan Cawagub Putaran Kedua Sultra 2018

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.