WAKATOBIPemda Wakatobi Menaikan Honor Penyuluh Pertanian. Untuk meningkatkan keaktifan dan kinerja tugas PPL pertanian Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Pertanian Dan Peternakan telah meningkatkan honor petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) naik sampai 75 persen.

Hal itu disampaikan Asisten I sekretariat daerah setempat, Kamalu, saat membacakan sambutan Bupati kabupaten Wakatobi dalam
pelatihan tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL) di aula kantor Kecamatan Wangiwang, kompleks perkantoran Manugela. Jumat, (9/11/2018).

Pemda Wakatobi Menaikan Honor Penyuluh Pertanian

Pemda Wakatobi Menaikan Honor Penyuluh Pertanian
Ketgam : Pelatihan- Pemerintah daerah (Pemda) Wakatobi melalui Dinas Pertanian dan Peternakan saat menggelar pelatihan tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL) di aula kantor Kecamatan Wangiwang, kompleks perkantoran Manugela. Jumat, (9/11/2018).

“Sebagai bentuk apresiasi pemerintah kabupaten Wakatobi kepada penyuluh pertanian, mulai tahun 2018 ini menaikkan honor bagi penyuluh daerah,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan kabupaten Wakatobi, Jamruddin melalui kepala Bidang Prasaran dan Sarana Pertanian (PSP) dan penyuluhan, Zulkarnain, mengatakan hal itu dilakukan guna meningkatkan kapasitas dan kompentensi para penyuluh pertanian se-kabupaten Wakatobi.

Kegiatan ini bertujuan peningkatan kapasitas dan peningkatan kopentensi para penyuluh agar menciptakan penyuluh-penyuluh yang amanah dan bertanggung jawab kedepan.

“Pelatihan peningkatan kapasitas tenaga PPL pertanian penting dilaksanakan. Mengingat petugas PPL langsung melakukan pendamping dan bimbingan secara langsung kepada para petani ataupun kelompok- kelompok tani Wakatobi.

Lebih lanjut menjelaskan, ini diharapkan, dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas tenaga PPL kedepan dapat memberikan kontribusi yang baik kepada petani dalam memberikan pendampingan dalam bercocok tanam.

“Harapan kita agar para petugas lapangan dan penyuluh-penyuluh dinas pertanian ini dapat memberikan kontribusi yang baik di tingkat lapangan sehingga para petani lebih paham bagaimana membudidayakan tanaman Sehingga pada akhirnya ada peningkatan di bidang pertanian dan peternakan kita.”tuturnya.

Selain itu, ini juga salah satu upaya pemda untuk peningkatan kinerja para penyuluh agar mereka lebih rajin dilapangan.

“Untuk meningkatkan keaktifan dan kinerja tugas PPL pertanian pemda juga telah meningkatkan honor petugas PPL naik sampai 75 persen,”jelasnya.

 

Reporter : SR