Ruangmedia.comPerjalanan Menakjubkan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang. Menikmati keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia tidak akan ada habisnya. Bahkan diberbagai destinasi wisata menyuguhkan daya tarik bagaikan objek wisata di luar negeri. Sungguh menyenangkan, jika sepanjang perjalanan anda ditemani oleh banyak pemandangan yang sejuk udara yang bersih dan asri. Hingga di kiri kanan jalan umum ditemui perkebunan warga dengan berbagai macam jenis tanaman yang tumbuh. Salah satunya ialah tempat wisata bak di luar negeri. Yakni Waterfall Tumpak Sewu Lumajang yang menyajikan keindahan alam nan asri. Berikut ini hal menakjubkan yang akan anda temukan di Lumajang.

Perjalanan Menakjubkan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang Jawa Timur, Indonesia by instagram / pesonaindonesiaofficial

Perjalanan Menakjubkan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Objek wisata Tumpak Sewu waterfall bukan kali pertamanya dapat menarik perhatian setiap pengunjungnya. Sekilas jika anda melihat air terjun Tumpak Sewu mirip dengan objek wisata yang ada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada yaitu “Niagara”. Anda dapat mengunjungi perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Dari namanya saja sudah jelas menarik perhatian, yakni disebut-sebut oleh masyarakat sebagai air terjun seribu aliran air. Sebab sewu dalam bahasa jawa adalah seribu.

Uniknya jika anda melihat kondisi geografis dari dataran tinggi di Kabupaten Lumajang ini nampak membentuk tebing bebatuan yang tinggi. Hingga membelah menjadi beberapa sungai yang akhirnya terbentuklah air terjun. Tumpak Sewu waterfall sendiri tergambarkan dari bagian aliran sungai Gidih namanya yang terbelah oleh tebing curam tinggi. Aliran sungai ini berasal dari mata air pegunungan semeru mengalirkan air di setiap belahan tebing yang terpisah pisah batuannya. Tak hanya itu, lebih menakjubkannya lagi ialah tanaman hijau yang tumbuh padat di setiap dinding tebing seakan membawa anda masuk di dunia yang berbeda.

Ketinggian air terjun yang mencapai hingga 120 meter tersebut memiliki anak tangga dengan panjang mencapai 800 meter yang terbuat dari batu-batu alam. Anak tangga tersebut menemani perjalanan anda menuruni bukit dengan medan yang cukup sulit. Meski butuh perjuangan untuk melihat air terjun secara dekat, namun perjalananmu tidaklah sia-sia. Sebab disetiap anak tangga anda disambut oleh sebuah Gua bernama Gua Tetes yang memiliki pemandangan yang sejuk.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star