Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi

Please log in or register to like posts.
News

KendariPersiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi Cegah Kekeliruan Pilkada, KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi. Dalam rangka mencegah kekeliruan pada proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)  menggelar rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih.

Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi
Ketgam: Ketua KPU Sultra, Hidayatullah

Rapat koordinasi yang digelar di salah satu hotel di Kota Kendari tersebut juga dihadiri oleh seluruh ketua KPU Kabupaten/Kota dan pemerintah daerah se-Sultra.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah saat ditemui oleh awak media mengatakan, bercermin dari kesalahan yang terjadi pada proses Pilkada 2017 lalu di Sultra, maka pihaknya sedini mungkin melakukan pencegahan agar kejadian serupa yakni Pemilihan Suara Ulang (PSU) Seperti yang terjadi di Kabupaten Muna Barat dan Bombana tidak terjadi lagi pada proses Pilkada 2018 mendatang.

“Rapat koordinasi ini sangat penting, agar komunikasi antara pemerintah kepala Daerah kabupaten/kota tetap terjalin, sehingga kalau ada kesalahan misalnya langsung disampaikan langsung, jangan nanti sudah ada masalah baru melapor,” ujar Hidayatullah. Senin, (13/11/2017).

Lebih jauh lagi, Menyangkut Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi, Hidayatullah mengatakan, rapat koordinasi KPU tersebut harus disertakan dengan MOU, agar ada kesepakatan antara semua pihak yang terkait atau terlibat dalam pemilihanan nanti.

“Segala sesuatunya harus disiapkan, jangan seperti kemarin-kemarin, nanti sudah mendesak baru bergerak,” ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas kependudukan dan pencatatan Sipil (Dukcapil), Ismail Lasawa menyampaikan, di tahun 2018 nanti, ada 4 (Empat) daerah di Sultra yang akan melaksanakan persiapan pemilihan kepala daerah yakni pemiliahan Gubernur Sultra, Bupati Kolaka, Bupati Konawe, dan pemilihan Walikota Bau-bau.

Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi
Ketgam: Rapat Koordinasi KPU Sultra bersama Seluruh Ketua KPU Kabupaten/Kota dan Pemerintah Daerah se-Sultra

“Keempat daerah ini akan diadakan pemilihan serentak dan itu bersamaan waktunya. Dan berdasarkan pengalaman sebelumnya sering terjadi permasalahan setelah pemilihan selesai, sehingga Sultra dikategorikan daerah rawan. Jadi kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin sehingga permsaalahan-permalasahan yang terjadi sebelumnya tidak terjadi lagi,” paparnya.

Tidak hanya itu, Ia juga menjelaskan, rata-rata masalah yang terjadi dalam pemilihan sebelumnya berkaitan dengan data pemilihan sehingga diperlukan adanya koordinasi antara seluruh pihak terkait Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi, yakni KPU dan pemerintah daerah.

“Mulai sekarang kita sudah menyiapkan data-data yang valid dan akurat, jangan lagi permasalahannya sudah timbul baru kita panik. Dan tolong para kepala daerah, Kadis Kependudukan dan pencatatan sipil persiapkan diri mengenai data kependudukan ini, karena ini sangat penting dalam melaksanakan pemilihan, jangan sampai ada pemilih ganda ataupun yang lainnya yang bisa merusak jalannnya pemilihan,” ujarnya.

Di saat yang sama, Ismail Lasawa juga menyampaikan harapannya kepada seluruh pihak terkait mengenai penyelenggaraan Pilkada 2018 nanti, Ismail berharap seluruh pihak terkait baik itu KPU, Kepala Daerah, dan Kadis tetap menjalin komunikasi yang baik untuk mensukseskan pesta demokrasi 2018 tersebut.

“Kami berharap agar KPU selalu menjalin komunikasi atau koordinasi dengan Kepala Daerah maupun Kadis, dan itu jangan putus. KPU adalah milik kita semua dan mereka melakukan tugas negara untuk sama-sama kita sukseskan pemilihan nanti,” tutupnya

Reporter : ER

Summary
Review Date
Reviewed Item
Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?