Ruangmedia.com – PMP Akan Dibangkitkan Kembali Siap Tangkal Isu PKI. Pendidikan Moral Pancasila (PMP) sejarah awalnya dipakai disekolah-sekolah pada kurikulum 1975. PMP lebih berbobotkan pelajaran yang berisi tentang materi pancasila yang merujuk pada “Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila” (P4). Materi pelajaran ini cukup lama dikenal selama 19 tahun hingga menuju tahun 1994. Sesuai dengan namanya, Pendidikan Moral Pancasila (PMP) merupakan pelajaran tentang moral. Sehingga disekolah kalian akan dibangun moral dan pembentukan karakter masyarakat indonesia yang sepatutnya. Pendidikan PMP inilah yang membawa cikal bakal masyarakat yang paham tenggang rasa. Bertanggung jawab, dan memiliki tata krama sesuai dengan karakter masyarakat indonesia. PMP ditanam pada pendidikan sejak usia dini yakni Sekolah Dasar guna melindungi karakter bangsa kita agar tidak mudah goyah oleh pihak luar. Sehingga dari situlah kita akan mendapatkan generasi penerus yang berkualitas dengan memiliki karakter yang kuat.

PMP Akan Dibangkitkan Kembali Siap Tangkal Isu PKI

PMP Akan Dibangkitkan Kembali Siap Tangkal Isu PKI
Dirjen GTK Kemendikbud RI, Supriano (Foto Ist)

Mata pelajaran PMP yang terlupakan sejak lama itu kini akan dibangkitkan kembali. Pasalnya, terkait isu Hoaks Partai Komunis Indonesia (PKI) yang disasarkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kembali mencuat jelang memasuki tahun politik 2019.

Jokowi beberapa kali menegaskan kepada masyarakat yang masih percaya pada isu Hoaks tersebut yakni;

“Saat PKI dibubarkan saya baru 4 tahun. Kok bisa diisukan Jokowi aktivis PKI, masak ada PKI balita,” ujarnya.

Kemudian penegasan terakhir ini pun ia lontarkan, Jokowi mengatakan dirinya selalu dikaitkan dengan PKI. Hingga ia pun merasa kesal dan mencari siapa yang menyebar isu bohong tersebut.

“Ini yang kadang-kadang haduh… Mau saya tabok orangnya di mana, saya cari betul,” kata Jokowi.

Hal tersebut diantisipasi oleh Direktur Jendral guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Supriano. Ia menegaskan ada rencana mengubah dan sedang dibuat kembali ke Pendidikan Moral Pancasila (PMP).

Seperti yang dikatakannya, “Ya nanti kita ada rencana mengubah kembali ke PMP. Ini sedang dibuat pendidikan moral Pancasila. PMP kita akan kembalikan lagi. Karena ini banyak yang harus dihidupkan kembali,” ucap Supriano di kantornya, Jakarta, Senin (26/11).

Rencana Kemendikbud saat ditanya kapan metode tersebut akan mulai kembali diterapkan. Jawabannya masih dalam proses pembahasan, namun ia menegaskan lagi bahwa dengan menghidupkan nilai pancasila. Maka guru maupun anak didiknya akan kembali mengingat betapa “bahwa pancasila ini luar biasa untuk bangsa kita.,” Jelas Supriano.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star