PPSP Gandeng BTNW Kampanye Stop Buang Sampah Dilaut

Please log in or register to like posts.
News

WAKATOBI – PPSP Gandeng BTNW Kampanye Stop Buang Sampah Dilaut Urban Sanitation Development Program (USDP) bersama Balai Taman Nasional Wakatobi (BTNW) menggelar kampanye stop buang sampah di laut yang dilaksanakan di Sombu Dive Desa Sombu, Kecamatan Wangi-wangi, Jumat (25/11/2017).

Ditemui di Sombu Dive, Desa Sombu, Kecamatan Wangiwangi usai melakukan kampanye disurga nyata bawah laut Wakatobi. Urban Sanitation Development Program (USDP), melalui Provincial Sanitation Develompent Advisor Southeast Sulawesi, Fitria Nur Indah, mengatakan kampanye bawah laut tersebut sebagai contoh agar masyarakat bisa lebih peduli akan kebersihan lingkungan.

PPSP Gandeng BTNW Kampanye Stop Buang Sampah Dilaut
PPSP Gandeng BTNW Kampanye Stop Buang Sampah Dilaut

“Ini adalah salah satu contoh kecil bahwa sudah saatnya untuk membangun kesadaran jika laut dan lingkungan begitu berharga untuk dikotori. Mudah-mudahan berikutnya akan lebih banyak kerjasama dengan media, khususnya media lokal agar bisa mensupport segala kegiatan kita,”ujarnya.

Sementara itu Junior Sanitation specialis, Pranandya, menjelaskan kehadirannya di Wakatobi guna mendampingi program Badan Perencana Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

“Jadi kita disini sebenarnya konsultan, mendampingi program nasional, program dari Bappenas namanya program percepatan. Untuk program tersebut, kita target universal akses, disitu ada 100 persen akses sanitasi, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen air minum,”terangnya.

Pranandya menyebutkan, USDP mendampingi guna mengejar akses 100 persen sanitasi. Untuk di Provinsi Sulawesi Tenggara, salah satunya Wakatobi.

“Yang kita dampingi itu air limbah dan persampahan, untuk Wakatobi fokus dipersampahan. Kemudian untuk persampahan itu, target Nasional 80 persen penanganan dan 20 persen pengurangan. Penanganan itu mulai dari hulu, sejak ditimbulkan masyarakat, kemudian diangkut ke Tempat pembuangan akhir (TPA).

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional BTNW Wilayah I, Lukman Hidayat menanggapi, memandang bahwa sampah di laut dan pesisir Wakatobi sangat memprihatinkan, dengan volume sampah yang sedemikian besar. Dengan keadaan tersebut maka kehidupan laut seperti terumbu karang, ikan, penyu dan sebagainya akan terganggu selain itu citra ekotourism Wakatobi juga akan ikut terganggu.

“Oleh karenanya BTNW gembira, kendati ada pihak-pihak lain seperti PPSP yang turut perduli dan mendukung usaha stop membuang sampah dilaut. Semoga kerja bersama lintas sektoral yang melibatkan multipihak bisa lebih diintensifkan agar pencegahan dan penanggulangan sampah dilaut semakin optimal,”harapnya.

Reporter : Nova Ely Surya

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?