Rumah Adat Lambu Bhalano di Raha

Please log in or register to like posts.
News
Rumah Adat Lambu Bhalano di Raha

Ruangmedia.comRumah Adat Lambu Bhalano di Raha. Indonesia tidak hanya memiliki keindahan alam yang indah. Namun juga menyimpan ragam budaya melalui peninggalan bersejarah yang dilestarikan.

Salah satunya anda dapat belajar melalui sejarah kebudayaan rumah adat muna yang dapat dilihat langsung di Kompleks Rumah Adat Lambu Bhalano Kota Raha, Sulawesi Tenggara. Berbicara tentang Pulau Raha ini selalu menyuguhkan bentuk keragaman destinasi wisata unik. Tak heran jika hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri utamanya, memiliki keindahan yang mampu membius pengunjung asing maupun domestik yang membuat mereka mengunjungi pulau ini.

Kembali pada kebudayaannya itu sendiri, masyarakat mengenal rumah adat muna dengan sebutan nama “Bharugano Wuna”. Berikut rangkuman Bharugano Wuna yang wajib anda ketahui;

Rumah Adat Lambu Bhalano di Raha

MUSEUM BHARUGANO WUNA

Rumah Adat Lambu Bhalano di Raha
Rumah Adat Muna (Picture by: @maitewunacom)

Melalui pemerintah setempat dan dukungan masyarakat, hingga kini Bharugano Wuna berdiri sebagai lokasi studi “Museum Bharugano Wuna”.

Museum tersebut terbuka untuk umum bagi siapa saja yang ingin mempelajari sejarah kebudayaan di Kota Raha. Nampak dari luar berdiri kokoh sebuah bangunan rumah adat muna yang cukup luas dan didalamnya menyimpan banyak peninggalan bersejarah.

PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN MUNA

Rumah Adat Lambu Bhalano di Raha
Kompleks rumah adat museum bharugano di Kota Eaha, Sulawesi Tenggara, (Repost by @exploresulawesi_tenggara)

Adapun tujuan utama dibangunnya Museum Bharugano Wuna ini yakni untuk menambah pengetahuan lebih pada generasi muda. Didalamnya banyak pelajaran yang dapat anda petik. Diambil dari cerita bersejarah hingga benda peninggalan benda pusaka para raja yang tersusun rapih di setiap ruangan didalam rumah adat tersebut. Penataan interior yang menarik perhatian mata anda disetiap sudut ruangan. Mulai dari pajangan dinding berupa foto-foto raja-raja yang memimpin hingga, penataan benda pusaka raja dari masa ke masa.

Selain itu bentuk pembangunan Museum Bharugano Wuna tersebut menjadi satu gambaran bahwa pada zaman dulu Pulau Muna memiliki peradaban besar. Guna melestarikan kebudayaan Muna tersebut hingga kini masyarakat setempat juga memanfaatkan kompleks ini sebagai tempat untuk belajar dan berlatih tari-tarian.

Summary
Review Date
Reviewed Item
recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?