Senator John McCain Terserang Glioblastoma Hingga Tutup Usia. – Kabar duka menyelimuti keluarga besar seorang mantan veteran perang Vietnam. Sekaligus seorang politisi yang terkenal dengan gaya bahasa blak-blakan. Senator Partai Republik Amerika Serikat John McCain tutup usia pada pukul 04.28, Sabtu (25/08/2018). John McCain meninggal di usia 81 tahun akibat terserang glioblastoma sejak pertengahan 2017 lalu.

McCain kemungkinan besar akan diingat selama masa hidupnya di Amerika Serikat, pertama sebagai penerbang angkatan laut yang ditangkap dan disiksa selama Perang Vietnam, dan kemudian sebagai politisi yang mewakili Arizona selama dua periode di Dewan Perwakilan Rakyat.

Senator John McCain Terserang Glioblastoma Hingga Tutup Usia

Senator John McCain Terserang Glioblastoma Hingga Tutup Usia
ilustrasi

Glioblastoma atau disebut juga dengan kanker tumor otak. Menurut pakar American Brain Tumor Association, jenis penyakit langka glioblastoma yang berasal dari Sel Glial Otak diketahui tidak akan menyebar luas selain di otak. Dr. John de Groot dari University of Texas MD Anderson Cancer Centre menjelaskan bahwa penderita glioblastoma umumnya akan mengalami sakit kepala, mual, muntah hingga kejang. Selain itu jenis tumor ini memberikan efek pada perubahan kepribadian dan rasa. Bahkan ada pula yang merasakan pandangan kabur atau ganda hingga kehilangan ingatan. Hal lainnya dapat terjadi gangguan dalam berbicara dan bahasa.

Saat seorang penderita di diagnosis oleh dokter, maka diperlukan pengobatan secara intensif. Bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan tumor dan memperbaiki kualitas hidup penderita. Diantaranya melalui proses terapi pembedahan, Radiasi, serta kemoterapi. Otak merupakan resiko tertinggi dalam melakukan terapi pembedahan. Menurut American Association of Neurological Surgeons. Ahli bedah harus berhati-hati saat mengangkat tumor sebanyak mungkin tanpa merusak jaringan otak disekitarnya. Sisa sel tumor di otak dapat dilanjutkan dengan cara Radioterapi dan Kemoterapi setelah pembedahan berfungsi menghambat pertumbuhan yang tidak terambil. Pada pusat perawatan kanker, seringnya penderita dapat berobat jalan dengan cara menggunakan terapi eksperimental atau kemoterapi erlotinib. Meski demikian sangat disayangkan apabila seorang pasien glioblastoma menghentikan pengobatannya seperti yang dilakukan Senator Partai Republik Amerika Serikat John McCain. Sebab kemungkinan besar penyakit tersebut berkembang dengan cepat hingga menyebabkan kematian.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Senator John McCain Terserang Glioblastoma Hingga Tutup Usia

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.