Simulasi Pengamanan Pilkada Sultra 2018

Please log in or register to like posts.
News

KENDARI– Simulasi Pengamanan Pilkada Sultra 2018 merupakan simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Tenggara (Sultra) serentak 2018 ditampilkan dalam rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Brigadir Mobil (Sat Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sultra yang ke 72.

Berbeda dengan perayaan HUT Brimob di tahun 2016 lalu, perayaan HUT Brimob kali ini tampak berbeda.
Sebuah atraksi memukau ditampilkan oleh ratusan personil Kepolisian Polda Sultra yang tergabung dari seluruh satuan yakni Sat Brimob, Sat Reskrim, Sat Intelkam, Tim Gegana, Jibom, dan masih banyak lainnya.

Simulasi Pengamanan Pilkada Sultra 2018
Simulasi Pengamanan Pilkada Sultra 2018

Atraksi memukau tersebut dipertunjukan di lapangan tembak Markas Komando (Mako) Brimob. Dengan memperagakan proses pengamanan seperti sedang berada di dalam situasi dan kondisi nyata yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah hukum Polda Sultra dalam proses pilkada 2018 nanti.

Kapolda Sultra Brig Jend Pol Andap Budhi Revianto yang hadir dan memimpin upacara peringatan HUT Brimob tersebut mengatakan, atraksi yang ditampilkan tersebut adalah salah satu bentuk kesiapan personil Polda Sultra dalam melakukan pengamanan dan pengawalan dalam proses pilkada serentak 2018 di Sultra nanti.

“Persiapan pengamanan Pilkada serentak 2018 nanti yang pertama kami menyiapkan diri, tadi rekan-rekan melihat, itu adalah bentuk kesiapan kami, memang kami belum sempurna, tetapi kami secara optimal menyiapkan hari demi hari kita tingkatkan kualitas dan kapasitas kita untuk lebih baik lagi,” ungkap Kapolda Sultra, Selasa (14/11/2017).

Simulasi Pengamanan Pilkada Sultra 2018 tersebut tampak menghibur dengan memperagakan seluruh tugas tiap-tiap personil Polda Sultra mulai dari Satuan Lalulintas (Satlantas) yang melakukan penertiban lalulintas di jalan, satuan pengamanan yang terdiri dari gabungan satuan Shabara, Intelkam, Brimob Gegana, Bidokkes Pol, TNI, Pasukan Jibom, Inavis, dan pasukan pasukan elit Polda Sultra lainnya.

Baca juga : Persiapan Pilkada 2018 KPU Sultra Gelar Rapat Koordinasi

Dalam simulasi tersebut ditampilkan pula aksi kejar-kejaran antara pembuat kerusuhan dan personil kepolisian yang dilanjutkan dengan aksi pertarungan dan bela diri antara Polisi dan si pembuat keonaran.

aksi kejar-kejaran antara pembuat kerusuhan dan personil kepolisian
aksi kejar-kejaran antara pembuat kerusuhan dan personil kepolisian

Ditampilkan juga simulasi penanganan amuk masa yang tidak terkontrol dan juga anti teror dengan mengerahkan pasukan elit Polda Sultra beserta alusista pendukung berupa beberapa unit mobil pengamanan milik Polri diantaranya mobil Wolf, Barracuda, Water Canon, Rantis APC Komodo, dan Rantis EOD Jibom, dan Helikopter milik Polda Sultra.

Kendati demikian, pihak Polda Sultra menyadari, segala sesuatunya yang berjaitan dengan masyarakat harus pula dikembalikan kepada masyarakatnya itu sendiri, dukungan dari masyarakat sangatlah penting untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan tentram di bumi Anoa ini.

“Tentunya sekali lagi ini harus didukung oleh semua pihak, baik itu masyarakat termasuk dukungan dari rekan-rekan wartawan semua, kuta bersinergi 1 sama lain membangun sultra yang lebih baik lagi dengan kondisi aman dan kondusif,” ucap Andap.

Tidak hanya itu, Brig Jend Pol Andap juga mengatakan, situasi mencekam akibat perpecahan yang terjadi pada saat Pilkada sewaktu-waktu bisa terjadi, untuk itu pihaknya memanfaatkan momen peringatan HUT Brimob tersebut untuk mempermantap komunikasi dengan seluruh pihak terkait baik itu Kapolsek se Sultra, TNI dan Badan Intelejen (BIN).

“Jadi pemikirannya sederhana saja, bulan Juni tahun depan kita akan melaksanakan pemilihan gubernur, kemudian 3 (Tiga) Kota Kabupaten. Secara otomatis dari perspektif Kepolisian, asumsikan saja lah ada 10 bakal calon gubernur, berarti Sultra terpecah menjadi 10, dan itu adalah potensi kerawanan yang harus kita sikapi, makanya kita kumpul disini kita sampaikan syarat-syarat kepolisian sehingga semuanya itu bisa diajak bekerjasama unuk menciptakan satu kondisi kamtibmas yang kondusif,” paparnya.

Reporter : ER

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?