Tinggi Fundus Uteri atau TFU Berdasarkan Usia Kehamilan

Please log in or register to like posts.
News

TFU Berdasarkan Usia Kehamilan – Fundus uterus adalah bagian atas, berlawanan dengan serviks.

Tinggi fundus, diukur dari puncak tulang kemaluan. Ini secara rutin diukur pada kehamilan untuk menentukan tingkat pertumbuhan. Jika pengukurannya lebih kecil atau lebih besar dari yang diharapkan pada usia gestasi, ini bisa menjadi indikator kasar kelainan. Contoh kelainan seperti bayi sungsang atau presentasi miring, kembar, atau masalah plasenta.

Jika terdapat kelainan seperti di atas maka perlunyamelakukan tes lebih lanjut. seperti ultrasound atau langsung saja menuju dokter hamil.

TFU Berdasarkan Usia Kehamilan

Tinggi fundus umumnya didefinisikan sebagai jarak dari tulang kemaluan ke bagian atas rahim yang diukur dalam sentimeter. Setelah 20 minggu kehamilan, pengukuran tfu berdasarkan usia kehamilan Anda. Harus sesuai dengan jumlah minggu Anda hamil.

Misalnya, jika Anda hamil 27 minggu. Maka dokter akan memperkirakan tinggi fundus Anda sekitar 27 sentimeter.

Pengukuran ketinggian fundus mungkin kurang akurat jika memiliki:

  • Obesitas
  • Punya riwayat fibroid
  • Bayi kembar dalam kandungan
  • Tinggi fundus yang berukuran lebih kecil atau lebih besar dari yang diperkirakan.
  • Atau meningkat lebih cepat atau kurang dari yang diharapkan.

Jika hal ini terjadi, maka dapat mengindikasikan kondisi seperti:

  • Pertumbuhan janin lambat (pembatasan pertumbuhan intrauterine)
  • Bayi yang secara signifikan lebih besar dari rata-rata (makrosomia janin)
  • Terlalu sedikit cairan ketuban (oligohidramnion)
  • Terlalu banyak cairan ketuban (polihidramnion)

Baca Juga: Rumus Menghitung Usia Kehamilan 4 1/3.

Tapi, itupun bergantung pada situasinya. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin merekomendasikan ultrasound. untuk menentukan apa yang menyebabkan pengukuran yang tidak biasa atau lebih memantau kehamilan Anda dengan seksama.

TFU berdasarkan usia kehamilan hanyalah alat untuk mengukur pertumbuhan janin. Biasanya, pengukuran ketinggian fundus menawarkan kepastian pertumbuhan bayi yang stabil. Jika Anda khawatir dengan pengukuran tinggi badan Anda, tanyakan pada dokter Anda untuk rinciannya.

Bagaimana Cara Melihat TFU berdasarkan usia kehamilan?

Tinggi fundus adalah alat diagnostik yang dilakukan selama beberapa hari sebelum ultrasound. namun masih berguna di klinik besar di mana seorang pasien mungkin tidak mendapatkan dokter yang sama dua kali berturut-turut untuk kunjungan prenatalnya.

Banyak ahli kandungan dalam praktik pribadinya, yang melihat pasien yang sama berulang kali. bahkan tidak mencatat tinggi fundus namun hanya memperhatikan apakah ukuran rahimnya sesuai dengan usia gestasi.

Baca Juga: Cara Menghitung HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).

Seorang dokter yang akrab dengan pasiennya umumnya akan tahu kapan bayi tidak tumbuh dengan benar. Dan jika ada kecurigaan terhadap pertumbuhan bayi yang dibatasi. Maka biasanya dokter menawarkan agar tes Ultrasound atau USG

 

Menghitung tfu berdasarkan usia kehamilan

Tinggi Fundus dalam Aturan Mc Donald’s, adalah ukuran rahim untuk menilai pertumbuhan dan perkembangan janin. Ini diukur dari puncak tulang kemaluan ke bagian atas rahim dalam sentimeter. Dan ini harus sesuai dengan usia kehamilan bayi Anda, dalam jarak satu sampai tiga sentimeter.

Misalnya, ukuran 22 sentimeter harus dilihat pada wanita hamil 19 sampai 25 minggu. Pengukuran ini, seperti dugaan Anda, harus meningkat seiring kehamilan Anda berlanjut sampai batas waktu.

Baca Juga: Cara Menghitung HPL Yang Akurat.

Bagaimana Bisa Mengukur Tinggi Fundus Uteri?

Trik yang kita gunakan adalah menilai tinggi fundus dalam kaitannya dengan umbilikus (pusar). Umumnya, kehamilan setengah jalan (sekitar 20 minggu) bila tinggi fundus teraba (terasa) pada umbilikus.

Gunakan jari anda untuk menghitung tinggi fundus Anda. Untuk setiap jari di atas pusar Anda, Jika tingginya mencapat, maka Anda bisa menambahkan seminggu. Demikian juga, jika  di bawah umbilikus, Anda bisa mengurangi satu minggu. Tapi hubungan ini hanya berlaku antara 15 dan 25 minggu. Sebelum dan sesudah itu hubungan ini keluar dari periode jendela tersebut.

Cukup sekian kali ini mengenai tfu berdasarkan usia kehamilan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?