Tips Sehat Waspadai Virus Bertebaran Saat Nobar Asian Games. – Saat ini, demam pesta olahraga negara-negara asia Asian Games XVIII tahun 2018 tengah meramaikan. Hal tersebut tak menyurutkan semangat para penonton utamanya, yang akan dimulai hari ini tanggal 18 Agustus petang nanti hingga 2 September. Para penggemar nonton bareng terkadang rela pergi jauh ke lokasi digelarnya Asian Games hanya untuk memberikan dukungan. Tanpa anda sadari saat nonton bersama (Nobar) kemungkinan besar virus dan bakteri yang bertebaran. Akan berbaur bersama dengan padatnya para penonton puluhan ribu orang bersama dengan anda. Kemungkinan besar anda harus mewaspadai jenis virus atau bakteri dibawah ini yang akan menyebar cepat melalui udara. Namun hal tersebut dapat dihindari dengan Tips Sehat Waspadai Virus Bertebaran Saat Nobar Asian Games dibawah ini.

Tips Sehat Waspadai Virus Bertebaran Saat Nobar Asian Games

Tips Sehat Waspadai Virus Bertebaran Saat Nobar Asian Games
Foto Ist.

Propionibacterium Acnes

jenis bakteri ini sangat sering kita ketahui sebab, salah satu bakteri ini akan menyebar di area pori-pori kulit yang berminyak. Mikroba kecil ini meski sering dianggap remeh oleh orang lain sebab bakteri ini dapat dilihat oleh kasat mata berbentuk jerawat. Namun jika kita ketahui jika bakteri ini sudah menyebar di udara dan berlanjutnya microba kecil ini akan menyerang sistem imunitas perlahan yang menyebabkan munculnya kemerahan pada kulit dan membentuk jerawat kecil.

Untuk mengendalikan bakteri tersebut masuk dan tumbuh dengan cepat. Kondisikan sepulang dari acara untuk melakukan cuci muka agar bakteri tersebut yang terlanjur menempel tidak dapat langsung bekerja masuk ke dalam tubuh. Dapat anda lakukan dengan sabun pencuci muka dan dengan air mengalir, lalu bersihkan seluruh bagian wajahmu dengan handuk kering.

Streptococus dan Haemopilus influenzae

Gejalanya akan dirasakan seperti radang tenggorokan biasa, antara lain batuk, panas, napas cepat, napas berbunyi hingga sesak napas, dan badan terasa lemas. Bakteri Streptococus pneumoniae dan Haemopilus influenzae yang berterbangan di udara terhirup masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut sering ditemukan pada saluran pernapasan, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Pengendalian virus dan bakteri yang terbawa udara

Rajin mencuci tangan.

Dengan rajin mencuci tangan, kuman yang menempel setelah Anda menyentuh benda tertentu atau terpapar droplet dapat hilang dan tidak dapat masuk ke dalam tubuh. Mencuci tangan terbukti dapat mencegah Anda tertular dari penyakit saluran cerna, kulit, serta pernapasan. Cuci tangan secara benar, yaitu dengan sabun dan air mengalir, lalu bersihkan seluruh bagian tangan termasuk lipatan kulit dan sela kuku.
Menjaga kuku tangan tetap pendek dan bersih. Kebersihan tangan sangat penting karena tangan adalah sarana perpindahan kuman yang paling mudah. Kuku panjang memungkinkan terselipnya berbagai jenis kuman di sela kuku.

Pilih makanan dan minuman yang terjaga kebersihannya.

Pilih tempat makan yang Anda yakini kebersihannya agar terhindar dari penyakit saluran cerna.
Mandi setelah tubuh banyak berkeringat. Keringat yang berlebihan dapat menyebabkan pertumbuhan kuman terjadi lebih cepat karena kuman-kuman menyukai lingkungan yang lembap. Sepulang dari nonton pertandingan di Asian Games, bersihkan tubuh hingga area lipatan yang sering terlewatkan.

Jaga daya tahan tubuh.

Sebanyak apa pun kuman yang ada di sekitar Anda, risiko Anda tertular penyakit akan menurun jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Konsumsilah makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan, olahraga yang teratur, serta istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh dapat bekerja secara optimal.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star
Comments to: Tips Sehat Waspadai Virus Bertebaran Saat Nobar Asian Games

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.