Ruangmedia.comWisata Air Terjun Penanggotu. Indonesia kaya akan budaya dan keindahan alamnya yang tersembunyi. Salah satunya yang paling dikenang ialah Pulau Sulawesi. Keindahan di Pulau Sulawesi yang dikenal sebagai keindahan Bahari menyimpan panorama-panorama mencengangkan mata anda. Hal demikian terkhusus di Pulau Sulawesi Tenggara yang merupakan salah satu kepulauan yang tidak kalah menariknya dari pulau lainnya. Disana tak hanya meninggalkan sejarah akan kebudayaannya. Namun juga keindahan alam yang menjadi lukisan di pulau tersebut. Dan Salah satu keindahan alam yang tersimpan di Pulau Sulawesi Tenggara ini berada di Kabupaten Kolaka Timur.

 

Wisata Air Terjun Penanggotu
Wisata Air Terjun Penanggotu (Repost IMG by IG : alferdinharis93)

 

Kalian mungkin sadar bahwa Kabupaten Kolaka Timur merupakan pemekaran dari Kabupaten Kolaka, terbentuk menjadi Kabupaten baru pada tahun 2013. Usianya baru 7 tahun. Meski terbilang muda namun sejauh ini Kabupaten Kolaka Timur menyimpan banyak keindahan alamnya. Siapapun yang mengunjungi Kabupaten Kolaka Timur akan selalu menyisahkan kenangan yang menarik. Banyak lokasi trip yang dapat anda jadikan pengalaman perjalanan anda selama berada di Kabupaten Kolaka Timur.

 

Bahkan petualanganmu saat mulai menjajaki Tugu “Selamat Datang Kabupaten Kolaka Timur” tersebut disitulah awal rasa penasaran anda muncul untuk menjajaki didalamnya. Dari gerbang batas ini menuju pusat pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur sekitar 30-40 menit perjalanan. Selain itu anda juga dapat mengunjungi titik-titik lokasi wisata yang cukup dikenal baik masyarakat lokal maupun mancanegara. Seperti halnya puncak Mowewe, dsb.

 

Tidak hanya laut yang terkenal namun juga pegunungan tidak kalah menarik untuk anda kunjungi. Sehingga demikian adanya tak heran jika di Kabupaten Kolaka Timur ini dikenal dengan menyimpan pesona alamnya yang menarik perhatian para wisatawan.

 

Hal demikian pula yang menjadi salah satu hal paling menarik perhatian para pengunjung saat mengunjungi Kabupaten Kolaka Timur ialah Wisata Air Terjun Penanggotu.

 

Tempat wisata ini terbilang masih perlu adanya pembenahan utamanya akses jalan menuju lokasi wisata tersebut. Meski demikian, pengunjung luar daerah yang masih kesulitan untuk menemukan lokasi Wisata Air Terjun Penanggotu tersebut. Namun tidak perlu khawatir sebab anda pun dapat diberikan arah oleh penduduk lokal di lokasi tersebut.

 

Air Terjun Penanggotu merupakan spot terbaru yang layak untuk dilestarikan sebagai salah satu tempat wisata di Kolaka Timur. Air nya yang masih jernih mengalir dari pegunungan melewati sela-sela bebatuan yang terbentuk oleh alam. Tak hanya itu saja disana pun udara yang masih sangat sejuk di kelilingi oleh banyak pepohonan tinggi Dan kondisi air nya pun belum tercemar dengan limbah rumah tangga.

Begitu nampak panorama keindahannya yang terbentuk langsung oleh alam.

 

Tak hanya terhenti sampai disitu saja, tidak dirasa anda pun akan menikmati petualangan seru saat berada di lokasi tersebut. Hal demikian adanya karena kondisi perjalanan yang cukup menantang dan terjal melewati jalur sungai yang terbentuk di kaki bawah air terjun itu sendiri. Terlebih hal menantang lainnya adalah saat anda menghadapi bebatuan besar dan ranting-ranting besar yang menghalangi jalan. Meski hal tersebut dirasa namun perjalanan anda pun tidak sia-sia sebab terbayarkan dengan keindahan alam langsung dari air terjun penanggotu.

 

Jika anda sampai di lokasi tersebut, mata akan dibuat tercengang melihatnya. Kondisi air terjun penanggotu yang tersembunyi namun panorama yang asri menunjukkan tersimpannya keindahan alam yang tercipta. Dinding bebatuan yang besar seakan-akan menampakkan dirinya untuk tetap menjaga keindahannya. Meski demikian, disarankan untuk anda yang ingin mengunjungi lokasi tersebut di harapkan tidak datang sendirian pada saat musim penghujan. Sebab selain anda pun tidak ada yang memantau perjalanan di lokasi air terjun tersebut, selain itu debit air yang turun akibat air hujan yang berlebihan membuat tidak menjamin kondisi di lokasi air terjun itu aman untuk anda dinikmati.

 

Selain tempat lokasinya yang belum aman untuk dilalui karena lokasi air terjun penanggotu masih bebas untuk dikunjungi oleh siapapun. Demikian bebas adanya maka disarankan pula untuk anda saat mengunjungi lokasi tersebut tetap perlu adanya memperhatikan setiap langkah perjalanan anda saat mendaki menuju lokasi air terjun tersebut.

 

Meski demikian adanya, dengan sebuah harapan besar agar semoga kedepannya Air Terjun Penanggotu tersebut bisa mendapatkan juga pembenahan oleh pemerintah daerah setempat dan juga dibantu oleh masyarakat sekitar agar menjadi salah satu objek wisata yang layak sehingga ramai untuk dikunjungi.

Summary
Review Date
Reviewed Item
rekomendasi
Author Rating
51star1star1star1star1star