Wisata Danau Sentarum di Kalimantan Barat

Please log in or register to like posts.
News

Wisata Danau Sentarum di Kalimantan Barat – Kalimantan Dikenal sebagai Pulau yang belum banyak dijajaki oleh banyaknya wisatawan. Dan merupakan pulau yang menyimpan berbagai keindahan alam dan Kebudayaan yang tersembunyi.

Suguhan panorama indah tak kalah menarik dari wisata lainnya sehingga Pulau ini cocok disebut sebagai Pulau terbesar ketiga di dunia. Disana kamu mendapatkan banyak tempat pilihan untuk berkunjung.

Wisata Danau Sentarum di Kalimantan Barat
Ketgam: Suasana Perahu Hias Suku Dayak Mengelilingi Danau Sentarum penutupan festival. (Picture by IG: ferdianelli)

Wisata Danau Sentarum di Kalimantan Barat

Satu lagi wisata tersohor di masyarakat Kalimantan Barat dan masih hangat diperbincangkan di media sosial yakni di kawasan Danau Sentarum.

Lokasinya terletak di kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Keistimewaan dari tempat ini ialah Danaunya unik, langka, dan memiliki daya tarik tersendiri sehingga menyimpan banyak cerita. Masyarakat setempat melestarikan Danau tersebut, hingga resmi sejak tahun 1999 dengan mendapatkan gelar nama sebagai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS).

Belum lama ini tepat tanggal 28 oktober 2017. Danau tersebut dimeriahkan oleh acara penutupan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (DSBK), beralokasi di kawasan Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum. Yang menjadi sorotan utama dari acara penutupan ini ialah perahu hias suku dayak Tamambaloh yang berlayar mengelilingi Danau Sentarum.

Baca juga : Wisata Telaga Kermata Saronggi Sumenep

Kita mengetahui bahwa suku tersebut memiliki kekayaan Budaya yang tiada duanya. Bagi leluhur mereka nama Tamambaloh berarti “Kekayaan”, yang mengartikan ukuran kekayaan dari hasil panen mereka. Tak heran saat acara festival berlangsung mereka menghiasi perahu dengan hasil panen yang mereka dapatkan sebagai sorotan budaya mereka. Hal tersebut terlihat mengandung Kebudayaan yang tersirat pada acara festival Wisata Danau Sentarum di Kalimantan Barat. Dari sini mereka membuktikan bahwa kekayaan bukan terukur dari banyaknya uang.

Jadi, patut anda syukuri masih ada budaya kita yang tetap terjaga rapih. Dan jika Anda ingin berkunjung ke pulau Kalimantan Barat jangan lupa untuk singgah di Danau Sentarum.

Baca juga : Objek Wisata Munduk Asri di Pulau Bali

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?