Ruangmedia.comWisata Kuliner Cakalang Unggulan Sulawesi. Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan menyimpan keindahan alam yang indah terdiri dari 17.504 pulau. Tidak hanya pantai, danau, dan pegunungan, namun juga ragam budaya dan tempat kuliner menjadi ikon dan keunggulannya.

Kepulauan Sulawesi dikenal sebagai pulau yang kaya akan keanekaragaman ikannya, salah satu yang menjadi favorit kuliner Sulawesi ialah ikan cakalang.

Wisata Kuliner Cakalang Unggulan Sulawesi

Perbedaan Tuna, Tongkol, dan Cakalang.

Wisata Kuliner Cakalang Unggulan Sulawesi
Ikan Tuna . (Img_Google.com)

Meski bentuk ikan tuna, tongkol, dan cakalang ini terlihat mirip, dan berasal dari keluarga yang sama yakni Scombridae. Namun perbedaan dari ketiga jenis ikan tersebut cukup terlihat; Mulai dari bentuk tubuh ikan tuna dewasa yang sangat besar dan berat mencapai 35 Kilogram hingga 350 Kilogram.

Wisata Kuliner Cakalang Unggulan Sulawesi
Ikan Tongkol. (img_google.com)

Dibandingkan dengan Jenis Ikan tongkol itu sendiri bercirikan warna kulit yang agak gelap dengan dihiasi warna punggung biru gelap agak metalik dan pola garis unik seperti coretan miring. Bahkan jenis ikan tongkol ini sering dikonsumsi oleh masyarakat di Pulau Jawa dan Sumatera.

Wisata Kuliner Cakalang Unggulan Sulawesi
Ikan Cakalang (img_google.com)

Sementara ikan cakalang sendiri memiliki warna yang berbeda dari ikan tongkol yakni agak terang, meski panjang ikan ini sama dengan ikan tongkol yakni 60 sentimeter, namun badan ikan cakalang lebih besar dan gemuk dan punggung ikan cakalang pun berwarna biru keungu-unguan hingga gelap. Umumnya jenis ikan cakalang menjadi makanan favorit masyarakat Sulawesi dan Maluku.

Ikan Cakalang Menjadi Ikon Kuliner masyarakat di Pulau Sulawesi.

Wisata Kuliner Cakalang Unggulan Sulawesi
cakalang fufu (Img_google.com)

Tidak heran ikan cakalang menjadi salah satu jenis makanan favorit masyarakat Sulawesi, baik dalam bentuk ikan segar, ikan kering, maupun ikan asap. Tidak hanya itu saja jika anda berkunjung di Manado, Sulawesi Utara yang cukup populer anda temukan berbagai jenis olahan ikan cakalang. Mereka menyebutnya sebagai cakalang fufu yang dapat di olah kembali ke dalam bubur hingga mie. Cakalang fufu sendiri merupakan olahan ikan cakalang segar yang sudah diberi bumbu khusus, dan di awetkan melalui proses pengasapan. Dalam proses pengasapannya pun cukup sederhana hanya dengan dijepit menggunakan kerangka bambu.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Recomended
Author Rating
51star1star1star1star1star