Wisata Telaga Kermata Saronggi Sumenep

Please log in or register to like posts.
News

Wisata Telaga Kermata Saronggi Sumenep merupakan objek wisata terbaru yang ada di Sumenep, Madura Jawa Timur.  Banyaknya yang mempublikasikan tempat ini di media sosial, baik penduduk lokal sumenep maupun yang berada dari luar kabupaten sumenep.

Telaga ini konon katanya berasal dari tangisan seorang wanita, sejarah menceritakan tentang telaga kermata ini, berikut tim redaksi kami merangkumnya.

Wisata Telaga Kermata Saronggi Sumenep
wisata telaga kermata ( sumber foto : https://www.instagram.com/p/BW4E98AFtsm/?taken-by=dhyah.y.r )

Sejarah Asal Mula Wisata Telaga Kermata Saronggi Sumenep.

Konon awalnya hidup seorang sepasang suami dan istri yang bernama Joko Tole dan Dewi Ratnadi dari majapahit yang akan menuju sumenep. Karena dilanda kelelahan dalam perjalanan, mereka singgah disebuah dusun.

keduanya duduk di pohon gayam dan melihat daerah sekitar nampak gersang.  Dewi Ratnadi merasa kehausan dan Joko Tole pun pergi mencari air disekitar tempat itu namun tak kunjung menemui air.

karena terlalu lama menahan kehausan akhirnya Dewi Ratnadi menangis tiada henti dan dengan Maha Kuasa Allah SWT, Air mata tersebut akhirnya menjadi sebuah sumber mata air yang kini disebut “kermata” dan digunakan sebagai nama dusun tempat ini.

Dewi Ratnadi pun meminum sepuasnya lalu berkata “Sumber mata air ini aku namakan “KERMATA” artinya “Aeng Mata” dalam Bahasa Indonesia berarti “Sisanya Air Mata” Sekembalinya Joko Tole dalam mencari air yang tak kunjung ia dapatkan. ia melihat sumber mata air yang berasal dari air mata sang istri Joko Tole pun mengucapkan syukur kepada Allah SWT.

Spot-Spot wisata yang ada di Telaga Kermata

untuk spot wisatanya sendiri disana cocok untuk selfie, bagi yang memiliki drone bisa juga mengabadikan momentnya dari atas udara.

Wisata Telaga Kermata Saronggi Sumenep Ruang Media
( sumber foto : https://www.instagram.com/p/BX1tKSEjrXe/?tagged=telagakermata )

keunikan lainnya yang ada di telaga kermata ini selain sebagai tempat untuk selfie, kita dapat berolah raga air mengelilingi wilayah telaga kermata ini menggunakan sepeda air.

disana kita dapat menjelajahi telaga kermata dengan menaiki sepeda air yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata.

untuk mengelilingi telaga kertamata menggunakan sepeda air tentu tidak gratis anda hanya cukup mengeluarkan uang 10 ribu rupiah saja.

menikmati pemandangan dan juga berkeliling mengunakan sepeda air di sekitaran telaga kertamata dengan orang tersayang kami rasa cukup memuaskan.

tidak hanya itu anda juga dapat berfoto atau selfie disekitaran telaga kertamata karena sudah disiapkan beberapa tempat untuk foto, sebelumnya anda harus membeli tiket 5000 rupiah saja, sesuai dengan papan informasi tepat sebelum masuk ke lokasi pemotretan.

Wisata Telaga Kermata Saronggi Sumenep
( sumber foto : https://www.instagram.com/p/BZXaCUvlNVL/?tagged=telagakermata )

 

Telaga Kermata ini cocok untuk keluarga, dikarenakan memiliki keindahan sehingga menjadi destinasi wisata yang pas untuk keluarga maupun bersama teman-teman.

 

Baca juga Objek Wisata Munduk Asri di Pulau Bali

 

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Suka ini?