Ruangmedia.comWisata Telaga Menjer di Wonosobo. Berbicara tentang keindahan alam yang tersembunyi di Indonesia tidak ada habisnya untuk dibahas. Salah satunya di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Selain tanah yang subur, daerah ini dikenal memiliki kekayaan alam yang indah. Tak hanya Dataran Tinggi Dieng yang termasyhur dari Kota Wonosobo ini. Pesona telaga yang tidak kalah menariknya juga menjadi perbincangan hingga saat ini, telaga menjer namanya. Berikut ini hal menarik apa saja yang kita temui di telaga menjer;

Wisata Telaga Menjer di Wonosobo

Wisata Telaga Menjer di Wonosobo
Telaga Menjer. (IMG by instagram @pesonaindonesiaofficial)

Sebuah telaga yang indah dikelilingi oleh perbukitan tinggi. Lokasinya yang berada di atas ketinggian 1.300 mdpl, menghembuskan udara sejuk khas pegunungan. Dan tak hanya itu saja, telaganya mencapai kedalaman hingga 45 meter dengan pesona airnya yang sangat jernih bagaikan cermin raksasa. Sejauh mata memandang akan disuguhkan dengan keindahan alam. Yang menunjukkan wajahnya seluas 70 hektar tersebut, sangat indah dan menyimpan sejarah didalamnya. Telaga Menjer dari atas nampak bagaikan danau yang tersembunyi. Asal mulanya terbentuk akibat dari letusan gunung berapi.

Lebih tepatnya setelah letusan vulkanis di kaki gunung pakuwaja terjadi membentuk mata air kecil. Lambat laun berubah membentuk cekungan besar seperti danau hingga sampai saat ini.

Tempatnya sangat istimewa sehingga dapat menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Pengunjung dapat menikmati udara yang sejuk dari pepohonan pinus yang tumbuh rimbun di sekeliling telaga. Setiap pengunjung dapat menikmati alam dengan menyewa perahu getek yang berkapasitas 10 hingga 12 orang. Untuk harga tiket masuknya sendiri terbilang murah yakni, Rp. 3.000,- per orang. Dan jika anda ingin menyewa perahu getek dengan kapasitas mengangkut banyak akan dikenakan biaya yakni kurang lebih Rp. 100.000,-.

Tak sekedar itu saja, wahana perahu pun disediakan untuk anak-anak maupun dewasa, hanya kisaran Rp.10.000,- hingga Rp.15.000,- saja. Lebih memukau lainnya yakni keindahan yang terpancarkan dari pemandangan pedesaan yang dapat dilihat dari atas. Kehidupan masyarakat yang tentram dengan memanfaatkan air telaga alami ini sebagai penangkaran ikan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
rekomendasi
Author Rating
51star1star1star1star1star